Minggunya Yani #10

Minggunya Yani 10

Minggunya Yani adalah kumpulan cerita berupa pengalaman sedih ataupun senang, yang dalam satu minggu saya alamin. Bentuknya lebih ke review singkat aja sih supaya pengalaman-pengalaman kecil bisa terabadikan. So buat yang kepo, silakan kepo…

Minggunya Yani #10 dimulai dari 6 April 2020 s/d 12 Maret 2020. Full seminggu ngga ada aktifitas di luar karena wabah COVID-19. Semua kegiatan asli ngerjainnya cuma dari rumah, itupun kerjaan hanya fokus ke Blogging aja.

Baca Juga : Minggunya Yani #9

Blog Yanikmatilah Saja Gunakan Plugin Multi Bahasa

Beberapa minggu yang lalu saya memutuskan untuk menggunakan plugin multi bahasa untuk blog kesayangan saya ini tentunya. Gunanya supaya saya bisa mendapatkan traffic dari luar negeri dan bisa meningkatkan pendapatan saya di Adsense.

Jujur aja menggunakan plugin multi bahasa di blog ini awalnya karena terinspirasi dari blog Creameno. Saya main ke blog tersebut, dan ngga lama kemudian, muncullah ide untuk membuat blog ini jadi 2 versi, yaitu versi Indonesia dan English.

Bagi temen-temen yang mau samaan, kalian bisa instal plugin Polylang di blog kalian kalau platform yang digunakan adalah WordPress. Yang paling saya sukai dari plugin Polylang ini adalah fiturnya yang bisa automatic translate, tapi bisa diedit manual. Selain itu kita juga bisa juga memilih-milih konten yang ingin di translate. Jadi ngga harus semua postingan yang di translate.

Karena memang versi english dari blog ini ditujukan untuk orang luar Indonesia, jadi untuk tulisan dengan topik engineering ngga akan saya translate. Kalian bisa cek sendiri kalau berkunjung ke Yanikmatilah Saja versi english ngga akan bisa menemukan artikel Engineering.

So, topik yang saya bahas di versi inggris-nya hanya topik traveling, blogging, social media, dan design. Yang penasaran gimana penampakan blog ini dalam bahasa inggris, kalian bisa klik pilihan English di menu di sudut kiri atas (untuk pengguna PC) atau di bagian menu utama (bagi pengguna handphone). Atau bisa dengan klik link berikut.

Anyway ini nge-translate-nya lumayan butuh perjuangan berhari-hari lho. Itu pun masih banyak yang belum ke-translate. Doain yaa, semoga Blog Yanikmatilah Saja versi English-nya bisa menghasilkan banyak postingan. Aamiin.

Perbaharui Postingan Blog Lama

Sebenarnya memperbaharui postingan blog lama ini saya kerjain karena masih berhubungan dengan blog saya yang akan ada versi bahasa inggrisnya. Jadi ketika ingin menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, saya harus cek dulu postingan asli bahasa Indonesia-nya kan?

Nah, ketika baca ulang tulisannya, rasanya pengen banget merombak postingannya jadi lebih fresh, dan sekalian supaya nge-translate-nya juga enak. Maklum postingan lama di blog ini juga belum menggunakan kaedah SEO yang benar, dan gambar-gambar yang saya lampirkan pun terkesan ngga bagus dan rapi.

Jadi sampai saat ini, tulisan yang sudah saya perbaharui dari blog ini ada beberapa. Yang saya utamain itu memperbaharui tulisan yang mendatangkan banyak traffic. Feature image artikelnya juga saya ganti jadi lebih eye-catching sesuai dengan tema blog saya yang sekarang ini. Soalnya dulu gambarnya menyesuaikan dengan template lama dari Blogspot.

Buat Email List FREEBIES dari Google Form

Membuat email list dari Google Form ini sebenarnya ngga pernah saya rencanain dari jauh-jauh hari. Soalnya saya udah pernah menggunakan Mailchimp untuk layanan tersebut. Tapi saya kemudian teringat dengan email saya hai@suryanipalamui.com ini (yang saya jadikan email untuk membalas email konfirmasi FREEBIES) udah ngga aktif karena blognya udah pindah hosting.

Otomatis untuk mengaktifkan email tersebut, saya harus masuk CPANEL dong? Tapi karena CPANEL di hosting yang baru ini bukan saya yang kendaliin, mutar otak lah saya biar gimana caranya fasilitas email list Freebies ini bisa aktif kembali.

Sebenarnya kalau mau, saya bisa-bisa aja minta tolong ke temen untuk dikasih tau akun CPANEL-nya. Tapi karena malas, ya udahlah, saya coba cari di internet apakah bisa buat email list Freebies dari Google Form. Dalam artian, ketika saya buat form, si pendaftar bisa mendapatkan email konfirmasi beserta link download freebies yang saya sediakan.

Eh, alhamdulillah akhirnya bisa ketemu caranya.

Saya pun akhirnya coba menerapkan step by step, dengan memasukkan coding sederhana sesuai tutorial yang saya dapatkan tersebut, hingga akhirnya email list dan form tersebut benar-benar bekerja. Thanks God!

Malahan, membuat email list dari Google Form ini lebih saya sukai dibanding dengan menggunakan Mailchimp dulu. Kenapa? Karena kalau Mailchimp itu ada limit-nya setelah beberapa lama penggunaan. Ngga bisa kita bikin form berbeda untuk Freebies yang berbeda. Kalau Google Form, yah jelas aja bebas karena ini fasilitas gratis dari Google

Cuma kekurangannya yah karena kita ngga bisa memodifikasi email konfirmasi secantik-cantiknya, kecuali kamu paham coding. Itu aja sih. Untungnya saya ngga ngoyo banget harus punya email konfirmasi yang wow. Yang penting email konfirmasi itu sampai ke pendaftar, dan link download-nya bisa mereka klik untuk mendapatkan Freebies yang diinginkan.

Kalian kalau mau lihat seperti apa hasil form yang saya buat, dan seperti apa notifikasi atau email konfirmasinya, bisa dengan mengunjungi halaman Freebies saya. Ada banyak Freebies yang saya sediain, sisa kalian isi aja form-nya dengan data diri kalian.

6 thoughts on “Minggunya Yani #10

  1. Saya juga sering merombak postingan lama, tapi cuman dimasukin SEO-SEO dikit :D, lumayan jadi muncul ke permukaan lagi, jadi ada yang baca lagi.

    Oh ya blognya Creameno memang ditranslate manual, kalau pakai tranlater biasanya jadi nggak jelas hahaha.
    Apalagi kalau tulisannya pakai bahasa gaoll 😀

    Semangaaattt ngeblognya ya 🙂

  2. Bener-bener terniat dikau mb yani, hihi
    Keren sampai mau merombak beberapa post lama…aku loh klo mau ngetranslate dari bahasa indo ke inggris kayaknya ga sanggup, secara banyak kali postku yang lama aja bahasanya Indonesia tapi banyak gaulnya alias bahasa slank wkwkwk, jadilah mumet kalau mau dibahasa inggriskan
    Tapi salut banget dengan segala yotalitas ngeblognya, semoga setelah ini traffik dari luar negeri bisa terjamah yes mbaa 😀

    1. Awalnya sih berat ya Mba, tapi karena keinginanku ini kuat banget jadi malesnya bisa tersingkirkan. Wkwkwk. Mba Mbul juga terniat banget kalau ngulas makanan. Foto-fotonya itu lho. Lengkap buanget. Saya yang baca jadi suka ngiler. Hehe.

  3. Hi mba Yani 😀

    Betul deh, menulis pakai bahasa Inggris perlu efforts besar, termasuk edit tata bahasa agar lebih mudah dipahami oleh pembaca :\ kadang saya ini menyesal juga kenapa harus pakai bahasa Inggris segala, jadi sekarang mau berhenti di tengah jalan pun nggak bisa :”D

    By the way, semangat ya mba utak-atik blognya, dan menurut saya, blog mba Yani adalah salah satu blog yang nyaman untuk dilihat :3 entah kenapa clean saja rasanya super lavvv.

    1. Makasiiiiih Mba. Aku memang orangnya suka tema-teman yang clean gitu. Cuma sih ya, kalau Mba lihat tema blogku yang jaman baheula pasti ilfil. Pakai dekor sana sini sampai loadingnya berat banget. Untung kita ketemunya sekarang. Wkwkwk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *