Pengen Kerja Freelance Desain Grafis Online? Begini Cara Belajarnya Sesuai Pengalaman Saya!

Pengen Kerja Freelance Desain Grafis Online? Begini Cara Belajarnya Sesuai Pengalaman Saya!

Halo! Sebelumnya Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin yaa. Akhirnya setelah sekian lama ngga nulis, di momen lebaran ini nulisnya pun kesampaian juga. Nah, kali ini saya pengen share tentang pengalaman saya yang belajar desain grafis yakni Adobe Illustrator selama libur Idul Fitri ini, yang tujuannya udah jelas banget supaya bisa dipakai kerja freelance dan online untuk menambah pemasukan.

Kenapa Saya Pengen Belajar Desain Grafis

Saya pernah baca bahwa di era modern dan digital zaman sekarang, yang namanya desain itu dibutuhin banget. Coba deh diperhatiin, usaha apa yang ngga butuh desain? Jawabannya hampir ngga ada. Bahkan semua usaha atau bisnis pasti butuh yang namanya desain, baik itu untuk logonya, bannernya, ataupun untuk bahan promosinya yang mana fungsi desain tsb adalah untuk menarik calon pembeli.

Baca : Download 30 Font Tipografi Keren Untuk Blogger dan Desainer

Ngga heran, sekarang udah banyak banget lowongan untuk jadi seorang desainer grafis dengan gaji yang tinggi. Kenapa? Karena emang pekerjaan ini menjanjikan banget di dunia digital sekarang ini. Terlebih lagi, kerjaan ini juga bisa dikerjakan dimana saja, tanpa harus ke kantor, atau biasanya disebut Freelance. Itulah alasan kenapa saya pengen banget belajar desain grafis.

Cara Saya Belajar Desain Grafis

Beberapa yang follow saya, mungkin tahu bahwa saya saat ini bekerja secara full time di salah satu perusahaan konstruksi di Makassar. Saya sempat ngerasa bahwa saya hampir ngga ada waktu buat belajar di luar bidang kerjaan saya.

Jangankan belajar, untuk bergaul dengan teman-teman di komunitas aja saya udah hampir ngga pernah selama setahun belakangan. Tapi karena saya punya niat yang kuat untuk dapet penghasilan tambahan di luar kerjaan utama, jadilah saya memaksakan diri untuk meluangkan waktu belajar desain grafis.

Belajar Desain Grafis

Beruntung, di momen lebaran ini, saya ada jatah libur selama seminggu yang bisa saya pakai untuk belajar desain grafis, utamanya belajar Adobe Illustrator. Untuk cara belajar, jujur aja saya ngga begitu cocok kalau harus browsing browsing sendiri di google atau di youtube mengenai belajar desain grafis atau belajar Adobe Illustrator-nya. Soalnya, step belajarnya berasa gak terarah atau terstruktur. Bisa jadi ada materi yang ga sengaja sebaiknya saya pelajarin di awal jadinya dipelajari di akhir, ataupun sebaliknya, akibat ngga ada arahannya.

Maka jadilah saya memilih cara belajar dengan membeli Online Course atau Kursus Online Desain Grafis. Alasannya simple, karena pengen belajarnya lebih terstruktur dan tetap ada wadah untuk berdiskusi secara online dengan waktu yang fleksibel. Apalagi di tempat saya membeli kusus online tersebut, saya mendapatkan bonus ribuan aset digital yang bisa saya pakai untuk keperluan karya grafis saya.

Tempat Saya Belajar Desain Grafis Secara Online

Seperti yang udah saya bilang sebelumnya, saya merasa lebih cocok jika belajar dengan membeli Online Course. Adapun tempat belajar desain grafis yang saya pilih, yaitu di Git Kreatif. Kenapa? Karena di kelas online Desain Grafis & Freelancer Plus Adobe Illustrator milik mereka, tersedia banyak fasilitas seperti:

  • Akses 118 video pembelajaran full HD
  • Akses member area yang bikin betah
  • Bisa berdiskusi dengan pembimbing dan member lainnya
  • Bisa streaming kelas baik dari PC ataupun handphone
  • Materi dalam kelas bisa di download sehingga bisa akses secara offline
  • Akses kelas bisa selamanya, tanpa ada batasan
  • Tersedia file rangkuman di kelasnya
  • Ada fasilitas latihan yang seru banget
  • Dapat sertifikat setelah menyelesaikan latihan

Ngga cuman itu, di Git Kreatif kelasnya itu paket komplit. Udah belajar desain grafis, belajar jadi master di Adobe Illustrator, kita juga diajarin untuk menjadi freelancer. Ditambah, kita bisa hemat waktu 8 tahun karena si mentornya sendiri menghabiskan waktu hampir 8 tahun untuk bisa mempelajari itu semua, yang bukan hanya sekedar teori.

Kalau bisa CEPAT kenapa mesti LAMBAT ya kan?

Belajar desain grafis dan freelancer kalo ga tau jalan pintasnya, pasti akan membutuhkan waktu yang agak lama. Tapi kalo belajar di Kelas Online Git Kreatif, setelahnya kamu bisa milih untuk bekerja di suatu agency desain atau bangun usaha sendiri sebagai seorang freelancer, baik itu membuka usaha jasa desain grafis ataupun menjual asset desain yang anda buat di situs Microstock luar negeri.

Yang Dipelajari di Online Course Git Kreatif

Untuk kelas “Belajar Adobe Illustrator & Freelancer” di Git Kreatif, materinya dibagi menjadi 10 chapter atau bab. Adapun isi dari bab-bab tersebut ialah:

  • Chapter 1 Intro : Desain Grafis & Freelancer
  • Chapter 2 Mendesain Di Adobe Illustrator
  • Chapter 3 Tips & Trik Adobe Illustrator
  • Chapter 4 Mastering Adobe Illusrator
  • Chapter 5 Tutorial Desain Logo, Brosur, Dll
  • Chapter 6 Persiapan Menjadi Freelancer
  • Chapter 7 Membangun Brand Anda
  • Chapter 8 Menjadi Seorang Freelancer
  • Chapter 9 Rahasia Sukses Freelancer
  • Chapter 10 Brand Guidelines

Kebetulannya di hari H+2 ini, saya baru menyelesaikan 3 chapter. Saya belajar bener-bener pengen fokus. Meskipun belum masuk di part latihannya, saya tetep pengen bisa praktekin apa yang si mentornya praktekin di video tersebut.

Oh iya ngomong-ngomong soal mentor atau pematerinya, di kelas “Belajar Adobe Illustrator & Freelancer” ini, dimentori oleh Mas Sigit Prasetya, yang merupakan seorang freelancer desain grafis, sekaligus founder dari gitdesain.com, yakni sebuah studio desain di Bekasi yang berdiri sejak 2015. Mereka udah menangani ratusan klien dari dalam maupun luar negeri, mulai dari pembuatan desain logo, brosur, company profile, dan lainnya.

Jadi, kalian yang masih ragu dengan kelasnya udah ga perlu khawatir. Mulai dari mentor hingga materi yang ada, semuanya jelas dan kredible.

Rencana Setelah Ikut Kelas Online Desain Grafis

Kita belajar desain grafis tentunya ada tujuan dong? Yap, saya sendiri berencana akan menerapkan ilmu ini untuk bisnis saya sendiri di jasa pembuatan website dan desain arsitektur, serta meningkatkan brand awarness orang-orang terhadap bisnis saya ini. Untuk teman-teman yang lain silakan berencana setelah belajar di kelas desain grafis ini nantinya akan jadi apa.

Apakah akan menjadi seorang desainer grafis secara freelance ataupun kerja di suatu agency atau perusahaan? Apakah akan fokus di salah satu bidang misalnya jadi seorang desainer yang khusus membuat logo? Apakah menjadi Microstock Author yang membuat aset desain dan menjual di situs microstock untuk mendapatkan uang dari hasil penjualan asetnya? Ataukah hanya ingin menjadikan skill tambahan supaya kamu bisa mendesain apa saja untuk bisnis kamu sendiri. Semuanya tentu sah-sah aja.

Apapun yang menjadi pilihan kamu, terus tekuni dan disiplin yaa. Belajarnya jangan hanya dijadiin formalitas. Ilmunya harus diserap, dan manfaatin fasilitas diskusi yang diberikan. Dengan begitu, insya Allah kita bisa sukses. Aamiin.

See you on the top guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.