Kenangan di Pondok Pesantren Bersama Mayora

Kenangan di Pondok Pesantren Bersama Mayora

Hai guys! Rasanya udah lama banget saya ga nulis, rindu pengen cerita banyak hal. Ah ya, saya teringat beberapa tahun yang lalu kisah kasih saya bersama temen-temen di pondok pesantren.

Nah, biasanya tiap santri dapat giliran untuk ronda malam di sekitaran pesantren semalam suntuk mulai jam 10 malam sampe subuh. Meskipun harus tetep terjaga sepanjang malam, sebenarnya sih ini kegiatan yang paling kami sukain. Kenapa? Ya karena kami bisa masuk sekolah setelah jam istirahat pertama, bisa dibilang bolos tapi bermanfaat ngga sih? Haha.

Dari sekian banyaknya pengalaman saya dan geng saat ronda malam selama bertahun-tahun, pastinya kami selalu membawa senjata masing-masing untuk bertempur, alias makanan favorit dan dikumpulkan untuk dimakan bersama sambil ngerumpi malam-malam.

Mungkin bingung ya, emang bisa ngeronda sama geng sendiri? Tentu ngga, geng ronda kami ada karena pihak keamanan pondoklah yang membuat kami menjadi satu kelompok. Yang mana, tiap kelompok ini terdiri dari 4 orang dan dibagi lagi menjadi 2 sektor jaga, jadi satu tempat dua orang.

Nakalnya kami, karena sepi kalau hanya ronda berdua, berkumpul lah kami di satu tempat. Penasaran sama geng ronda saya? Yuk kenalan!

Nova Si Pecinta Coklat

Nova ini bisa dibilang ketua geng alias ketua kelompok saya saat ronda malam. Senjata favoritnya adalah choki-choki. Lucu ya, ketua geng berhati baja suka nyemilin pasta cokelat.

Fitri Si Pencinta Kopi

Ngga afdhol rasanya jika ronda malam tanpa ditemani satu, dua, hingga tiga cangkir kopi. Karena itu, Fitri si pecinta kopi ini selalu membawa satu renteng Torabika Creamy Latte, atau jika habis si Fitri ini biasanya mengganti dengan permen Kopiko. “Yang penting ada rasa kopinya!” imbuhnya.

Khoti Si Manusia Biskuit

Kecintaannya pada biskuit, rasanya hampir setiap hari saya melihat khoti membawa biskuit Roma Kelapa di saku roknya. Kalau ronda? Jangan ditanya lagi, Roma Biskuit Kelapa andalannya.

Lalu bagaimana dengan saya sendiri? Saya sih, apa saja dibawa. Kadang kalau lagi pengen yang asin, bawa zuper keju, atau beng-beng, bisa macam-macam, yang penting tetap ngunyah biar melek terus!

Ada juga yang sama seperti geng saya?

Dari semua camilan, permen, hingga kopi yang menjadi senjata kami ketika ronda, tentu teman-teman sudah banyak yang mendengar nama produknya bukan? Atau masih banyak yang belum tahu tapi sudah sering makan?

Nah, senjata ronda malam geng kami ini semuanya merupakan produk-produk legendaris yang diproduksi oleh PT. Mayora Indah TBk yang hits banget di Indonesia bahkan sudah tersebar di 5 benua di dunia lho.

PT. Mayora Indah TBk, merupakan perusahaan perseroan yang sudah berdiri sejak tahun 1977. Selama bertahun-tahun, Mayora selalu berinovasi menyediakan produk-produk terbaik dan menjadi salah satu produsen makanan dan minuman berkualitas tinggi.

Ngga heran, produknya bermacam-macam, dari yang manis, gurih, asin, semua lengkap! Selain karena produknya yang mudah ditemukan, PT. Mayora Indah TBk memiliki segudang prestasi, yang terbaru dari ASEAN Bussines Award (ABA) dan meraih kategori Priority Integration Sector (Agri based Products). Juaraaa!

Tapi semua itu tentu tidak mudah dicapai dan juga tidak secara instan. Diperlukan kerjasama tim yang solid dan juga dedikasi yang tinggi, dan semuanya tersusun dengan baik dalam struktur organisasi Mayora.

Struktur Organisasi Mayora

Tidak jauh berbeda dengan perusahaan lainnya, PT Mayora Indah TBk. juga memiliki struktur organisasi di mana masing-masing mempunyai peranan dan fungsi dalam manajemen untuk saling bahu membahu menjalankan dan mengelola perusahaan. Seperti apa sih struktur organisasi Mayora ini? Simak terus yaaa.

Dewan Komisaris

Pada sebuah perusahaan perseroan, dewan komisaris memiliki tugas untuk mengawasi dan memberikan pandangannya bagi direksi dalam pengambilan keputusan, operasional perusahaan, dan lain sebagainya.
Dewan komisaris di struktur organisasi mayora sendiri diduduki oleh empat orang.

Direksi

Direksi organisasi Mayora terdiri dari direktur utama, direktur supply chain, direktur keuangan, direktur operasional, hingga direktur pemasaran. Direksi ini merupakan organ perseroan yang bertindak sebagai pimpinan, memiliki wewenang dan bertanggung jawab penuh terhadap pengurusan perseroan baik di dalam atupun di luar pengadilan.
Bertugas mengatur strategi perusahaan, menetapkan kebijakan dasar di bidang keuangan, organisasi dan SDM perusahaan, hingga teknologi informasi komunikasi perusahaan.

Komite Audit

Diisi oleh tiga orang, komite audit dalam struktur organisasi Mayora dibentuk oleh dewan komisaris yang bertugas mendorong ditetapkannya GCG, meningkatkan transparansi dan kualitas keuangan, serta mengkaji ruang lingkup, akurasi, indenpedensi dan objektivitas akuntan publik.

Sekretaris Perusahaan

Di mana-mana sekretaris selalu dibutuhkan bukan? Bahkan kita sudah kenal dengan profesi yang satu ini sejak duduk di bangku SD! Begitu pula dalam struktur organisasi Mayora. Sekretaris perusahaan sendiri memiliki tanggung jawab untuk memantau kedisiplinan perseroan terhadap peraturan dan regulasi yang ada.

Selain itu, sekretaris perusahaan juga memerhatikan dan memastikan para pemegang saham, otoritas pasar modal, analis dan seluruh lapisan PT. Mayora Indah Tbk. mendapatkan informasi terupdate secara lengkap dan tepat. Bahasa kerennya, sekretaris perusahaan sebagai jembatan komunikasi antara perseroan dengan masyarakat.

Purchasing

Ketika kita memasak sayur, pastinya kita membeli sayur sebagai bahan baku, seperti itu juga perusahaan. Lalu apa sih tugas dalam divisi purchasing?

Staff purchasing Mayora bertugas untuk menyusun daftar ataupun perencanaan barang/ jasa apa yang dibeli atau dibutuhkan perusahaan. Selain itu, staff purchasing juga bertugas untuk memilih supplier yang sesuai dengan citra perseroan, serta bertugas untuk melakukan negoisasi, membuat dan mengirimkan dokumen pemesanan, dan lain-lain.

Pemasaran

Sebagai perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman, dibutuhkan pemasaran sebagai tombak perseroan. Pemasaran pada struktur organisasi Mayora memiliki fungsi untuk melakukan proses transaksi penjualan, merencanakan strategi pemasaran produk Mayora, menetapkan harga jual yang sesuai di pasaran, menyusun target, hingga melakukan riset produk yang serupa.

HRD dan Personalia

Sebagai perusahaan besar yang ada di Indonesia, tidak perlu diragukan lagi PT. Mayora Indah Tbk. memiliki banyak karyawan. Karena itu, Human Resource Departement (HRD) dibutuhkan dalam struktur organisasi Mayora. HRD bertugas menangani berbagai masalah yang ada di dalam lingkup perusahaan mulai dari karyawan, pegawai, manajer, dan yang lainnya.

Sedangkan personalia, bertugas untuk melakukan kontrak kerja dengan karyawan baru, menyusun absensi daftar hadir karyawan, dan tugas khusus personalia mengatur payroll, pinjaman karwayan, cuti tahunan dan yang lain-lain.

Sebenarnya, masih banyak struktur organisasi Mayora lainnya, seperti divisi keuangan dan accounting, divisi teknologi informasi, divisi legal, hingga divisi manufacturing. Semua tadi sama pentingnya, karena tanpa ada struktur organisasi yang jelas, tidak akan lahir PT. Mayora Indah TBk yang sekeren ini sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *