10+ Tugas, Tips, dan Manfaat Memilih Konsultan Pajak Terpercaya Untuk Bisnismu

Kenapa sih seorang pebisnis butuh yang namanya konsultan pajak? Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan konsultan pajak? Dan kenapa masih banyak orang yang ngerasa asing dan ga tahu dengan konsultan pajak dan perpajakan?

Jadi, konsultan pajak adalah orang yang bisa memberikan kita jasa konsultasi ataupun masukan tentang perpajakan kepada pihak wajib pajak supaya kita bisa menunaikan hak dan juga memenuhi kewajiban wajib pajak sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

Intinya sih, konsultan pajak adalah orang yang memberikan solusi-solusi alternatif dan juga efisien. Mereka juga membantu kita untuk ngurusin segala administrasi perpajakan supaya kewajiban wajib pajak dalam satu tahun tersebut terpenuhi.

Baca Juga: Untung Gunakan Bank Digital, Banyak Kesempatan dan Banyak Peluang

Karena perpajakan adalah hal yang rumit dan juga rinci, ngga semua orang familiar, ditambah dengan tumpukan kesibukan yang tinggi, sampai deadline di depan matapun, orang-orang tetep sulit untuk paham hal-hal perpajakan. Hal inilah yang jadi sebuah alasan kenapa seorang pebisnis butuh yang namanya konsultan pajak terpercaya.

Apa Saja Sih Tugas Konsultan Pajak?

Setelah kamu tahu kalo konsultan pajak dibutuhin banget oleh individu maupun badan usaha, jadi selanjutnya kalo kamu pebisnis, kamu harus tahu juga apa aja tugas dan jasa yang diberikan konsultan pajak tersebut.

1. Jasa Kepatuhan Pajak (Tax Reporting Service)

Yakni, konsultan mengatasi segala administrasi perpajakan klien mulai dari perhitungan, proses pembayaran SPT masa juga tahunan dan pembuatan lapor pajak.

2. Jasa Konsultasi Perpajakan (Tax Consulting)

Disini konsultan memberikan konsultasi, masukan, dan juga strategi yang efektif untuk permasalahan perpajakan yang timbul.

3. Jasa Perencanaan Pajak (Tax Planning)

Konsultan melakukan analisa dan melakukan perencanaan pajak guna meraup keuntungan dari usaha yang telah dilakukan oleh klien.

4. Review Pajak (Tax Compliance Services)

Konsultan melakukan pemeriksaan dan juga identifikasi laporan kesesuaian pajak yang telah dibuat wajib pajak apakah sudah sesuai dengan akuntansi perpajakan dan peraturan yang berlaku serta membantu klien jika mengalami kerugian dan membantu meringankan beban pajak tersebut.

5. Jasa Pendamping Dalam Pemeriksaan Pajak (Tax Audit Assitence)

Jika klien mempunyai permasalahan pajak atau terkena kasus maka konsultan pajak memiliki tanggung jawab dalam mendampingi dan menemani klien juga menyiapkan data-data ataupun dokumen yang dibutuhkan dalam pemeriksaan terlebih jika klien tidak mempunyai pengetahuan mengenai perpajakan.

6. Jasa Resitusi Pajak (Tax Refund Service)

Apabila terjadi masalah kelebihan pembayaran pajak dan klien membutuhkan pengembalian dana (resitasi) maka konsultan pajak dapat menemani dan membantu semua prosedur termasuk mengumpulkan data-data, penyampaian resitusi, pemeriksaan, hingga proses akhir.

7. Jasa Pelatihan Pajak (Tax Training Service)

Konsultan dapat memberikan pelatihan ataupun training tentang perpajakan kepada klien baik individu ataupun karyawan guna mengembangkan kredibilitas badan usaha klien.

8. Jasa Penyelesaian Sengketa Pajak

Apabila klien mengalami persengketaan pajak terkait wajib pajaknya maka konsultan dapat membantu menyelesaikan seperti misal pengajuan banding, keberatan pajak, dan lain sebagainya.

Karena udah tahu apa aja tugas dan macam-macam jasa yang diberikan oleh konsultan pajak, lantas apa aja sih tips memilih konsultan pajak terpercaya untuk bisnis?

Tips Memilih Konsultan Pajak Untuk Bisnis

1. Konsultan Merupakan Ahli Pajak (Memiliki Kompetensi Pajak)

Sebagai konsultan pajak atau ahli dalam bidangnya, tentu harus mempunyai kompentensi pajak yang dapat dibuktiin dengan serifikat profesi atau ijazah yang didapat dari dengan brevet pajak, USKP (Ujian Setifkasi Konsultasi Pajak), US APP (Ujian Ahli Akuntansi Pemerintah) atau merupakan alumni STAN.

2. Pilih Konsultan Pajak yang Telah Berizin

Sebagai pebisnis yang cermat, memilih konsultan yang terpercaya haruslah yang udah memiliki izin praktik tentunya udah terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan dapat dilihat pada situs resmi http://konsultan.pajak.go.id.

3. Konsultan Merupakan Anggota Asosiasi Konsultan Pajak

Karena mencari konsultan pajak yang terpercaya, maka pilihlah konsultan yang merupakan anggota salah satu asosiasi konsultan pajak yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak (DJP), misalnya Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) atau Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia, sehingga dapat dicek track record atau pengalaman konsultan dalam menangani masalah dalam kurun waktu tertentu.

4. Konsultan Pajak Bekerja Sesuai Dengan Undang-Undang

Karena pajak merupakan hal yang ribet dan juga rinci, perhatiin apakah konsultan pajak bisa bekerja sesuai dengan undang-undang. Misalnya melakukan penghindaran pajak (Tax Avoidance) secara legal dan bukan dengan pengelakan pajak (Tax Evasion) secara ilegal karena akan ada resiko berupa sanksi yang harus ditanggung.

5. Pilihlah Konsultan Berdasarkan Kredibilitas dan Komitmen

Agar bisnis bisa berkembang dengan baik, diperluin konsultan pajak yang juga bisa membantu mewujudkannya dengan kredibilitas yang dimiliki dan juga dengan komitmen, kerahasiaan dan privasi klien dapat dijaga dengan baik.

6. Konsultan Pajak Adalah “Partner” Wajib Pajak

Selain itu, carilah konsultan pajak yang bisa menjadi partner wajib pajak. Kenapa? Agar konsultan pajak bisa melihat “sisi lain” dan bisa memberikan masukan yang bisa membantu kesuksesan wajib pajak.

7. Mencari Konsultan Berdasarkan Rekomendasi Rekan Kerja

Mencari konsultan berdasarkan referensi dan rekomendasi rekan kerja bisa jadi pilihan yang tepat. Cek lebih dalam gimana konsultan pajak bekerja dan menangani masalah pajak, gimana penilaian rekan kamu, juga fasilitas yang dimiliki oleh konsultan pajak tersebut.

8. Sesuaikan Dengan Budget dan Keahliannya Sesuai Kebutuhan

Sebelum deal memilih konsultan pajak, jangan lupa sesuaiin dengan budget bisnis kamu. Karena tarif masing-masing konsultan pajak berbeda, dan juga ngga murah, ada yang menggunakan tarif per-jam dan ada juga yang berdasarkan jam kerja.

Jangan sampai membebani kas perusahaan dan sesuaikan keahlian konsultan pajak dengan kebutuhan perusahaan. Keahlian tersebut berdasarkan 3 jenis sertifikat yang berbeda, diantaranya:

  • Sertifikat tingkat A, berarti konsultan pajak bisa memberikan jasa di bidang perpajakan kepada wajib pajak orang pribadi, dengan kecuali wajib pajak berdomisili di negara dengan persetujuan penghindaran pajak berganda di Indonesia.
  • Sertifikat tingkat B, berarti konsultan pajak dapat memberikan jasa pada kepada wajib pajak dan badan usaha, kecuali wajib pajak penanaman modal asing (PMA), atau bentuk usaha tetap (BUT), serta wajib pajak berdomisili di negara dengan persetujuan penghindaran pajak berganda dengan Indonesia.
  • Sertifikat tingkat C, berarti konsultan pajak dapat memberikan jasa kepada wajib pajak orang pribadi maupun badan usaha.

Bonus tips memilih konsultan pajak terpercaya untuk bisnis:

Yang terakhir, dalam memilih konsultan terpercaya…

9. Pastikan Konsultan Memiliki Softskill Sebagai Berikut:

Softskill Konsultan Pajak

1. Paham Seluk Beluk Bisnis Klien

Dengan memahami seluk beluk bisnis klien, konsultan dapat menentukan beban pajak dengan baik.

2. Komunikatif

Seorang konsultan pajak harus bisa menyampaikan dengan baik kepada klien bahwa membayar pajak dapat mempengaruhi bisnis.

3. Jujur

Karena tugasnya konsultan pajak adalah mengatasi administratif pajak, maka konsultan pajak harus bisa meluruskan klien jika hendak menyeleweng.

4. Up-To-Date

Konsultan harus selalu up to date terhadap situasi ekonomi terlebih kebijakan-kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Konsultan Pajak?

Dari berbagai macam jasa dan juga tips-tips memilih konsultan pajak terpercaya untuk bisnis, Kamu udah tahu ngga apa aja manfaat menggunakan konsultan pajak?

  • Dapat memangkas biaya operasional yang tidak perlu karena kecermatan konsultan pajak
  • Mengurangi beban administrasi perusahaan dalam pembuatan laporan pajak
  • Konsultan mendampingi wajib pajak dan mampu mengantisipasi kerugian perusahaan
  • Perencanaan pajak jelas
  • Wajib pajak dapat lebih fokus mengurus bisnis perusahaan karena tidak lagi risau dengan administrasi perpajakan

Itulah beberapa tips memilih konsultan pajak terpercaya untuk bisnis. Oh iya sekalian mau ngasih tau nih, kamu bisa juga lho gunain jasa konsultan pajak di Fastwork. Jadi, Fastwork ini adalah situs untuk cari freelancer profesional yang terpercaya dari berbagai bidang secara online.

Masuk aja di https://fastwork.id/financial dan kamu akan terhubung dengan konsultan freelance terbaik di bidang finansial yang mereka miliki. Klik linknya, dan buktiin sendiri gimana jasa konsultan pajak mereka bisa ngebuat kamu menentukan langkah-langkah hebat dalam bisnismu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *