6 Cara Menentukan Tempat Usaha Yang Tepat dan Mendatangkan Profit

Tempat Usaha

Kita semua udah pasti tau bahwa salah satu faktor penentu kesuksesan kita dalam berbisnis adalah lokasi tempat usaha yang tepat. Lokasi usaha ini memerlukan tempat yang strategis supaya produk atau jasa yang kita tawarin, kemungkinan besar bisa laku. Tapi tentu aja menemukan lokasi strategis yang sesuai dengan budget kita itu ngga mudah.

Jenis dan sifat bisnis atau tempat usahalah yang jadi pertimbangan dalam menentukan lokasi. Misal nih, kalau usaha kamu ada di bidang consumer goods, pilihlah tempat yang lokasinya ada di jalan besar, ramai dilalui orang dan kendaraan, atau bahkan dekat dengan pemukiman penduduk.

Selain itu, pertimbangin juga akses ke lokasi usaha yang mudah dijangkau. Lokasi yang strategis akan jadi pertimbangan customer dalam memilih suatu penyedia produk atau jasa. Kalau kamu buka restoran untuk kalangan atas misalnya, tentu dong kamu harus memilih lokasi yang bergengsi.

1. Tempat Mudah Terlihat

Nah, untuk menentukan tempat usaha yang tepat, faktor mudah terlihat inilah yang utamanya perlu dipertimbangin. Pilihlah tempat yang mudah terlihat ini dimaksudkan agar tempat usaha kamu cepat dikenal banyak orang. Jika usaha yang kamu jalanin adalah ritel, consumer goods, atau fashion, ini adalah hal yang wajib karena dapat menarik konsumen serta menekan biaya promosi.

2. Akses Lokasi Terjangkau

Selain mudah terlihat, akses ke lokasi tempat usaha kamu juga harus mudah dan terjangkau sebagai pertimbangan. Dengan memilih lokasi yang mudah diakses, dimana banyak orang yang berlalu lalang di kawasan tersebut, tentu akan membuka peluang kunjungan konsumen yang besar.

3. Dekat Dengan Konsumen

Untuk point yang ketiga ini, kamu perlu tentuin dulu siapa yang menjadi target pasar kamu, apakah untuk umum, wanita, anak-anak, atau segmen tertentu. Buka tempat usaha di lokasi yang dekat dengan konsumen tentu akan memudahkan mereka untuk mengunjungi lokasi kamu, terlebih mereka bisa menghemat waktu dan biaya.

4. Sewa Tempat yang Sesuai

Tentu wajar banget kalau lokasi yang strategis akan mematok harga sewa yang tinggi. Inilah yang harus kamu pertimbangin. Sewa tempat yang mahal biasanya secara bertahap akan tertutup dengan keuntungan yang kamu peroleh setiap bulannya. Tentunya sebelum ngelakuin hal ini kamu harus membuat kalkulasi sebelum memutuskan menyewa tempat tersebut.

Misalnya kamu memilih untuk menyewa ruko di Jakarta Selatan, maka pilihlah sewa ruko yang harganya bisa ditutupi oleh keuntungan kamu dalam berbisnis atau saat kamu berjualan di kawasan Jakarta Selatan tersebut. Disini kamu harus jeli lho yah! Sebagai rekomendasi, kamu bisa sewa ruko atau bahkan sewa kantor di Jakarta Selatan di website terpercaya seperti di Sewa Kantor (dot) net.

5. Perijinan yang Resmi

Perlu ditekankan, kamu jangan sampai mengabaikan masalah legalitas, baik itu legalitas usaha, produk yang dijual, ataupun legalitas tempat usaha. Jika kamu sampai mengabaikan hal ini, tentu akan mengakibatkan resiko yang gede banget untuk usaha kamu. Jangan sampai deh saat usaha kamu udah berjalan, kamu harus rempong ngurusin masalah perijinan, misalnya legalitas tempat usaha.

6. Lingkungan Sekitar Tempat Usaha

Tempat usaha juga ngga bisa dilepasin dari lingkungan sekitarnya yang turut mempengaruhi image usaha serta minat pelanggan buat berkunjung. Misalnya, kalau kamu mau buka usaha kuliner, lebih baik jika tetangga kamu adalah usaha cafe, alat tulis, atau warnet. Jangan maksain buka usaha kuliner yang deket dengan bengkel, tempat cuci kendaraan, atau bahkan toko bangunan.

Terlepas dari poin-poin diatas, sebenarnya insting bisnis kamu juga perlu berkontribusi dalam pemilihan tempat usaha. Yang perlu diinget dalam memilih lokasi adalah, belum ada usaha serupa atau belum banyak pesaing dalam radius 500 meter dari tempat kamu.

2 thoughts on “6 Cara Menentukan Tempat Usaha Yang Tepat dan Mendatangkan Profit

  1. Dari dulu mau buka tempat usaha tapi masih mikir-mikir gegara bingung cari tempat. Sebenarnya udah punya tempat sendiri di rumah, tapi tempatnya nggak strategis, huhu. Akhirnya nggak bangun toko, cuma buat tempat kerja aja :’))

    terima kasih sudah menuliskan ini ya Mbak! Sangat membantu sekaliii ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *