Mengenal Soto Lenthok Kuliner Laris Khas Jogja

Soto Lenthok

Jogja, adalah kota yang ngga hanya terkenal akan wisata dan budayanya. Akan tetapi, Jogja juga merupakan kota yang kaya akan kuliner-kuliner enak dan nikmat. Bagi teman-teman yang berkunjung ke kota ini rasanya ngga lengkap kalau ngga mencicipi kuliner khasnya, salah satunya adalah Soto Lenthok kuliner khas Jogja.

Lenthok sendiri adalah perkedel yang terbuat dari bahan ketela, dan menjadi pelengkap yang mampu membuat soto ini jadi makin enak dan gurih.

Sebenarnya saya sendiri ngga pernah nyicipin soto lenthok secara langsung. Tapi saya cukup tertarik untuk mengulas makanan yang satu ini karena melihat di beberapa media, varian soto yang satu ini sangat istimewa dan beda banget dengan soto nusantara lainnya.

Penampakan Soto Lenthok

Dilihat sekilas, soto lenthok agak mirip dengan soto yang punya kuah bening yang bercampur dengan sohun, daging ayam suwir, dan toge. Tapi yang membedakannya adalah lenthok yang memang ngga ditemui di varian soto lain. Paduan lenthok gurih dan kuah sotonya sangat nikmat jika disantap.

Biasanya, selain mendapatkan lenthok dalam satu porsi soto, kita juga bisa mendapatkan menu tambahan terpisah untuk dimakan. Sepotong lenthok harganya cukup terjangkau kok, bahkan disantap dalam jumlah yang banyak pun bisa.

Soto Lenthok
Penampakan Soto Lenthok | Dok. https://sahabatufs.com/

Cara Membuat Soto Lenthok

Untuk kalian yang penasaran dengan kenikmatan soto lenthok tapi berada jauh dari kota Jogja, tenang guys! Kamu bisa membuat soto lenthok-nya di rumah dengan bahan dan cara sebagai berikut:

Bahan

  • 3 sdm minyak goreng
  • 2 btg serai yang telah dimemarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 6 lbr daun jeruk purut
  • 500 g ayam kampung, rebus

Bumbu Halus

  • 5 butir kemiri
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt garam

Bahan untuk Lenthok

500 gram singkong, kupas, kukus, kemudian haluskan

Bumbu Halus

  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt ketumba
  • ½ sdt merica butiran
  • 1 sdt garam

Pelengkap

  • 100 g sohun, seduh dengan air panas
  • 100 g kubis, iris dengan kasar
  • 2 sdm daun bawang yang di iris kasar
  • 2 sdm bawang merah goreng

Pembuatan Soto Lenthok

  • Panaskanlah minyak goreng terlebih dahulu, lalu tumis bumbu halus yang pertama tadi sampai harum dan matang. Tambahkan serai, daun salam, serta daun jeruk purut, aduk rata. Masak hingga layu, kemudian angkat.
  • Masukkan juga bumbu tumis mengunakan air rebusan ayam. Rebus hingga mendidih hingga bumbunya meresap. Angkatlah ayam kemudian suwir-suwir. Sisihkan.
  • Untuk membuat lenthok, campur singkong dan bumbu halus yang kedua dengan rata. Bentuk lonjong kemudian goreng sampai berwarna kekuningan. Angkat kemudian tiriskan.
  • Dalam menyajikannya campurkanlah sohun, kubis, dan juga ayam yang disuwir pada mangkok. Siram dengan kuah soto, taburi daun bawang dan juga bawang goreng. Sajikan panas bersama dengan lenthok.

Tips Dalam Pembuatan Soto Lenthok

  • Pakai singkong mentega yang berwarna kekuningan agar supaya lenthok bisa empuk dan tidak pahit.
  • Buang tulang daun jeruk purut agar aromanya tajam.
  • Rebus ayam hingga empuk dan jangan buang air rebusannya.

Untuk membuatnya, singkong dikupas dan direbus. Sesudah matang singkong ditumbuk dengan dibumbui garam, bawang, dan merica.

Apabila adonan telah dirasakan halus serta menyatu dengan bumbu-bumbunya, maka adonan itu dibentuk bulat seperti bola bola. Adonan singkong yang sudah berbentuk bola ini selanjutnya dicelupkan pada adonan tepung terigu encer yang sudah dicampur dengan telur, atau bisa juga dengan terigu. Bola-bola yang sudah diberi adonan tepung terigu encer ini selanjutnya digoreng sampai matang.

Fungsi lenthok dalam soto ini yaitu sebagai lauk pelengkap. Sementara kandungan karbohidratnya yang lumayan banyak ini bisa memberikan rasa kenyang untuk yang menyantapnya. Jadi, lenthok bisa dikatakan sebagai pengganti nasi dalam resep soto lenthok ini.

6 thoughts on “Mengenal Soto Lenthok Kuliner Laris Khas Jogja

  1. Soto, basednya ketela, topping ayamnya bertaburan lagi, mantab amat ya, apalagi ini sedang hujam, nyum nyum banget mb yani, tapi jujur aku blum tahu singkong mentega loh, baru tahu abis baca post ini
    Boleh dicoba nih, resepnya, senajan bikinnya agak rumit klo soto sotoan tuh saya hihi

  2. Dilihat dari fotonya seperti soto yang biasa saya makan sih, tapi mumpung ada resepnya, saya pengen cobain dirumah. Klo inget jogja saya belum kesampean buat makan sate klataknya, dulu kesana pengen makan tu sate tapi lokasinya kejauhan dan waktu santainya yang gak lama.

  3. Looks yummy mba 😀

    Saya belum pernah coba Soto Lenthok, taunya cuma Soto Bening sama Soto Betawi saja. Kalau di Jogja pernah makan Soto yang warungnya khas berwarna hijau (lupa namanya apa) hihihi 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *