Cara Atasi Gagal Verifikasi KTP di Google AdSense Karena Masa Berlaku [Pengalaman Pribadi]

Cara Atasi Gagal Verifikasi KTP di Google AdSense

Beberapa minggu yang lalu, saya coba iseng buka akun AdSense yang udah lama suspend gegara gagal verifikasi KTP di Google AdSense. Saya cukup surprise karena ada notifikasi kecil di beranda yang memberitahukan bahwa pin AdSense saya sedang dalam masa pengiriman ke tempat saya.

Notifikasi Pengiriman PIN AdSense | Dok. Suryani Palamui

Saya mikir ini gimana ceritanya kok tiba-tiba main kirim pin AdSense tapi akun AdSense sendiri malah ke-suspend? Jujur saya pemain awam banget di AdSense, jadi ngga begitu ngerti kebijakan mereka itu seperti apa.

Baca Juga : Mau Gajian Tiap Bulan Dari Google Adsense? Begini Caranya!

Penyebab Gagal Verifikasi KTP

Sebenarnya, dari sumber yang saya dapatkan dari internet, penyebab kita gagal verifikasi di Google AdSense seringkali adalah karena:

  • Dokumen indentitas blur/ buram
  • Masa berlaku KTP di masa tenggang
  • Dokumen tidak jelas asal usulnya
  • Dokumen terpotong tidak penuh
  • Terdapat pantulan cahaya di dokumen

Nah, di kasus saya, alasan kenapa verifikasi identitas KTP saya gagal adalah karena Masa Berlaku KTP yang sudah lewat. Hmm, apes banget deh rasanya.

Gagal Verifikasi KTP di Google AdSense Karena Masa Berlaku
Tanggal Masa Berlaku KTP Sudah Lewat | Dok. Suryani Palamui

Resiko Gagal Verifikasi KTP

Sekedar informasi, buat teman-teman yang baru mendaftar AdSense dan lagi di tahap verifikasi identitas diri ke Google AdSensenya, saya harap verifikasi identitasnya bisa berjalan dengan lancar.

Kalaupun gagal seperti saya, resiko yang akan dihadapi sebagai publisher di AdSense. Resiko gagal verifikasi identitas yang akan didapatkan antara lain:

  • Unik iklan tidak akan ditampilkan
  • Termasuk jika kamu memakai youtube, maka iklan kamu ngga akan ditayangkan di youtube
  • Kamu tidak akan menerima pembayaran, dalam artian akun kamu kena suspend

Alternatif Verifikasi Identitas Selain KTP

Ngga lama kemudian tetiba muncullah ide saya untuk mencoba memverifikasi identitas diri yang kesekian kalinya. Kalian pengguna AdSense pasti udah banyak yang tahu bahwa di Indonesia, kita diberikan kesempatan untuk verifikasi identitas menggunakan KTP. Tapi selain KTP, kita juga diizinkan untuk verifikasi identitas dengan menggunakan SIM atau Paspor.

Saya pribadi memilih KTP sebagai alat verifikasi identitas karena SIM saya ngga punya, dan pasporpun saya udah expired. Lagian, di musim wabah Covid 19 begini, kita ngga bisa leluasa mengurus kesana kesini.

Pengalaman dengan Masa Berlaku KTP yang Ditolak

Oh iya, sebelumnya dulu saya udah 2 kali gagal verifikasi KTP di Google AdSense karena katanya masa KTP saya udah ngga berlaku. Tapi kita warga negara Indonesia udah tau dong ya, meski KTP ngga bertuliskan seumur hidup, KTP tetap dianggap sah selama KTP tersebut adalah KTP elektrik.

Surat Edaran KTP Elektrik Berlaku Seumur Hidup | Dok. Suryani Palamui

Hanya saja, mungkin dari pihak AdSense menolak karena tanggal masa berlaku yang tertera di KTP saya yang sudah lewat. Tapi ya karena kita ada regulasi dari pemerintah yang menyatakan bahwa masa berlaku yang sudah lewat dari KTP Elektrik itu tetap diputuskan SAH, jujur aja saya kecewa.

Saya coba googling di internet sampai masuk ke forum-forum AdSense berharap menemukan solusi yang tepat, sayangnya hasilnya nihil. Tetap aja KTP saya ngga diterima setelah mencoba beberapa kali verifikasi.

Saya sempat mikir, apa saya harus perbaharui KTP aja kali ya supaya masa berlaku yang tertulis di KTP saya jadi seumur hidup? Hm, tapi setelah dipikir-pikir, agak ribet juga ngurusnya karena saya harus ke Palu dulu (sementara saya sudah menetap di Makassar). Anyway KTP saya adalah KTP Palu.

Cara Atasi Kegagalan Verifikasi KTP Karena Masa Berlaku

Tiba-tiba ngga tau gimana ilham ini muncul, sayapun coba mengakali KTP ini agar bisa diverifikasi. Agak tricky dan mungkin kontroversi sih ya. Tapi saya pengen coba siapa tau berhasil.

Yang saya lakukan agar KTP saya berhasil di verifikasi oleh Google AdSense adalah dengan mengedit tanggal masa berlaku KTP saya menjadi seumur hidup di Photoshop. Mon maap nih netijen yang baca kalau kalian merasa cara saya ngga bener, hehe.

Sebelum Diedit | Dok. Suryani Palamui

Menurut saya sih, yang saya lakuin ini benar-benar aja, toh KTP saya memang masih berlaku di Indonesia sesuai regulasi pemerintah. So, silakan buat teman-teman yang senasib dengan saya dan merasa apa yang saya lakukan ini benar, kalian bisa lakukan tips saya ini.

Kalian bisa explore banyak cara di internet soal editing photoshop ini. Tapi yang jelas, saya cuma pakai menu tools healing untuk menghapus tanggal masa berlaku yang ada, kemudian menggunakan tools text untuk menambahkan tulisan “SEUMUR HIDUP”. Font yang saya pakai adalah font ARIAL.

Setelah Diedit | Dok. Suryani Palamui

Setelah editing selesai, scan-an KTP di Photoshop tersebut saya save as ke PNG. Lalu, saya submit deh untuk verifikasi di akun Google AdSense.

Beberapa menit kemudian, masuklah notifikasi dari AdSense ke email saya. Saya buka pesan yang masuk, dan tadaaa… KTP saya berhasil diverifikasi. OMG!!! Seneng banget akhirnya blog saya bisa kembali termonetize. Duit di AdSense alhamdulillah ngalir lagi.

Verifikasi Identitas KTP Berhasil | Dok. Suryani Palamui

Kesimpulan

Udah, segitu aja pengalaman saya supaya KTP yang punya masa berlaku sudah habis tetap bisa terverifikasi Google AdSense. Lebih dan kurangnya dari apa yang saya sampaikan, saya mohon maaf. Saya doakan semoga teman-teman yang lagi putus asa gagal verifikasi identitas bisa cepat ke-approve, dan yang sudah ke-approve, rejeki AdSense-nya bisa ngalir terus. Aamiin.

9 thoughts on “Cara Atasi Gagal Verifikasi KTP di Google AdSense Karena Masa Berlaku [Pengalaman Pribadi]

  1. Wahahaha mba kreatif sekali, untungnya lolos ya mba, jadi efforts yang dikeluarkan cukup membuahkan hasil 😀 kalau sudah begini, ada untungnya juga belajar desain seperti mba, jadi bisa sotosop saat dibutuhkan

    Eniho, congrats mba, sudah approved adsense-nya

  2. bahahahaha, etdah saayy, ditulis pulak, awas dibaca team google hahaha.
    Tapi emang nyebelin yak, sayapun mengalami hal ini, pengen saya lempar rasanya nih pemerintah Indonesia, mbokya kalau memutuskan KTP berlaku seumur hidup ya kudu diganti napa!

    Saya kemaren pakai SIM sih jadinya, untungnya approved.

    Sisi baiknya, saya mau urus Youtube nih, pakai email lainnya, gara-gara akun email utama di blokir dong dan saya banding berkali-kali nggak diterima.

    Nyebelin banget ya team google ini, malas banget mereka kerja.
    lah saya berkali-kali ajukan banding, mengatakan kalau saya nggak melakukan hal yang melanggar, sama sekali nggak digubris.
    Giliran diakalin gini malah bisa qiqiqiqiqiqi

    1. Hehe, jujur aja aku sempet kepikiran banget soal ini sebelumnya karena KTP malah ngga keterima diawal-awal. Apalagi ini lagi pandemi Covid-19 juga, mau ngurus kemana-mana jadi khawatir. Semoga Mba Rey cepet beres urusan Adsense peryoutubannya ya. Dan bisa menghasilkan pudi-pundi duit lagi. 🙂

  3. Oh ternyata tinggal edit KTP nya ya mbak, dari tahun 2017 jadi seumur hidup. Ide yang jenius mbak, ngga kepikiran seperti itu.

    Memang sih, biarpun di KTP tulisannya sampai 2017 tapi berlaku seumur hidup, Alhamdulillah kalo saya udah diperbaharui seumur hidup jadinya tidak repot lagi.

  4. Mantuul ulasannya nih, dilengkapi foto identitas diri pulak

    Jadi keingetan blog lamaku dulu yang udah di adsense dan pin berhasil dikirim ke rumah.
    Meski blog lamaku sudah rip, lembar pin itu masih kusimpan buat kenang2an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *