Gajian Tiap Bulan Dari Google Adsense, Ampuh 100%, Begini Caranya!

Makasih udah mampir kesini guys! Saya tahu kalian yang kesini pasti pengen punya penghasilan melalui Google Adsense. Emang bener saya akan mengulas tentang Adsense ini, tapi ini bukan dari pengalaman saya, melainkan pengalaman seorang Mastah Blogger, yang beberapa minggu lalu sempat berbagi mengenai pengalamannya di kegiatan Klinik Blog komunitas kami, Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri.

Namanya Kang Herman. Beliau direkomendasikan oleh salah seorang senior di Blogger Makassar ketika saya lagi meminta saran pemateri untuk kegiatan komunitas kami, Klinik Blog: Dapat Penghasilan dari Blog. Sebelumnya saya pernah bertemu sekali dengan beliau, hanya saja ngga begitu tau banyak mengenai background-nya.

Hingga saat Klinik Blog ini akan diadakan, maka cari tahu lah saya mengenai Kang Herman. Diantara banyak hal yang saya kagumi dari beliau, satu hal yang paling bikin saya amaze, yaitu keberanian beliau yang keluar dari perusahaannya hanya untuk menjadi seorang full time blogger. Kisahnya bisa kamu baca di Saya Tinggalkan Pekerjaan dengan Gaji 21 Juta/ bulan, dan Istri Saya Lalu Menangis Terseduโ€ฆ

Di awal materi, Kang Herman menerangkan bahwa sumber penghasilan beliau selama ini dalam ngeblog ada beberapa, yaitu dari Amazon, Google Adsense, Ebook, dan Private Coaching. Sementara saat ini, beliau sedang mendalami Facebook Ads dan dalam proses membuat Online Course.

Ngga mungkin juga kan Kang Herman ngejelasin secara full mengenai sumber-sumber penghasilannya tersebut dari blog? So, beliau prefer ngejelasin Google Adsense buat kita-kita yang hadir dalam kegiatan itu, karena seperti yang kita tahu, Google Adsense ini adalah salah satu layanan terpopuler untuk blogger dalam meraup pundi-pundi rupiah.

Apa Itu Google Adsense?

Biar teman-teman lebih paham mengenai Adsense ini, saya coba menuliskan one by one materi yang dibawain berdasarkan apa yang saya tangkap dari materi Kang Herman tempo hari.

Jadi, AdSense adalah program periklanan berbasis CPC (costperclick) yang memungkinkan si pemilik platform (blog/ website/ aplikasi/ youtube) mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang. AdSense ini menapilkan iklan pada website berupa text, gambar dan video kepada pengunjung sesuai dengan minat mereka.

Kerja dari Google AdSense ini adalah dengan memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhin. Sehingga nantinya iklan yang muncul akan sesuai dengan minat atau kebutuhan si pengunjung tersebut.

Contoh misalkan kamu mencari lipstik murah di mesin pencari Google, beberapa lama kemudian, iklan yang muncul pasti adalah beragam lipstik. Iklan yang tampil ini akan berubah dengan sendirinya mengikuti dari cache yang tersimpan di browser kamu.

Mengapa Memilih Google Adsense?

Beberapa hal yang membuat Adsense ini jadi layanan populer untuk para Blogger mendapatkan pemasukan, yaitu:

1. Iklan Tepat Sasaran

Iklannya ditinjau untuk memastikan iklan tersebut berkualitas tinggi dan relevan dengan konten blog kamu atau pengunjung kamu, bahkan ketika dilihat melalui smartphone dan tablet.

2. Kamu Bisa Pegang Kendali

Iklan bisa di blok, kalau memang iklan tidak disukai. Iklan juga bisa disesuaikan tempatnya, dan dipilih jenis iklan yang sesuai dengan situs kamu.

3. Hanya Iklan yang Membayar Paling Tinggi yang Ditampilkan

Maksudnya adalah dengan memanfaatkan jaringan terbesar pengiklan dalam menggunakan layanan Adsense, maka iklan yang muncul adalah iklan yang berpotensi membuat penghasilanmu baik.

6 Kiat Agar Blog Diterima Google Adsense Dalam Sekali Daftar

1. Satu Topik

Mungkin kamu sering mendengar bahwa untuk membuat blog yang besar, blog tersebut harus berfokus di satu topik atau istilahnya satu niche. Nah inilah yang mungkin saja bisa jadi dasar agar blog kamu bisa diterima Adsense.

Sharing sedikit, saya sendiri sebenarnya sudah dari tahun 2018 diterima Adsense, tapi dengan topik yang gado-gado. Setelah 2 kali ditolak Adsense tapinya. Kalau menurut saya sih untuk yang baru mau daftar Adsense, mending fokus di satu niche aja karena akan lebih mudah diterima oleh Google Adsense.

Baca Juga : Niche Blog Itu Apa, Gunanya, dan Bagaimana Cara Menentukannya?

2. Navigasi Jelas

Navigasi yang jelas disini maksudnya adalah untuk membantu pengunjung blog mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Jika pengunjung kamu masih kesulitan dalam mencari informasi penting (halaman, tombol, dll) di blog, berarti navigasi yang kamu miliki masih kurang efektif.

3. Artikel Jenis How To/ Tips

Jenis artikel panduan atau tutorial step-by-step dalam melakukan/ menjalankan sesuatu menjadi artikel yang paling banyak dicari oleh orang-orang di mesin pencari. Di sebut juga artikel How To. Artikel jenis ini harus dibuat dengan rinci dengan bahasa yang mudah dimengerti. Ditambah dengan gambar-gambar pendukung, agar pembaca semakin mudah untuk memahami.

4. Jumlah Artikel Minimal 15

Berapa jumlah artikel minimal agar diterima Google Adsense? Menurut Kang Herman, minimal 15 artikel. Tapi sebenarnya kamu ngga akan mendapatkan jawaban yang pasti meskipun melihat halaman kebijakan Adsense. Sebab blog yang diterima adsense yang saya ketahui, memiliki jumlah artikel yang berbeda-beda.

Baca Juga : 30 Ide Postingan Blog Untuk Blogger Pemula

5. Usia Blog Minimal 3 Bulan

Usia blog juga menjadi dasar diterimanya blog atau tidak. Idealnya menurut Kang Herman, usia blog agar diterima Adsense itu adalah 3 bulan. Meski sebenarnya ada juga yang saya tahu untuk mendaftarkan blog ke Adsense tidak ada waktu dan umur yang bisa dijadikan patokan.

6. Halaman About Bisa Dipercaya

Dan yang terakhir, hal yang perlu kamu tahu adalah sebelum ikut berkontribusi ke program Adsense, tentu Google ingin mengetahui identitas kamu. Jadi, halaman penting harus dibuat agar bisa dipercaya seperti Privacy Policy, Disclaimer, Terms of Sevice (ToS), Contact, dan About. Halaman-halaman ini harus ditampilkan pada menu-menu ini di situs kamu.

Cara Mendaftar di Google Adsense

Cara mendaftar di Google Adsense sangat mudah karena kamu hanya perlu email dan blog yang udah aktif. Seenggaknya ada empat tahapan yang perlu kamu lakuin, yaitu membuat akun AdSense, mengaktifkan akun, membuat iklan, dan menambahkan iklan ke dalam blog.

Saya ngga akan bahas panjang lebar cara daftar di Google Adsense ini karena Kang Herman pun menerangkan bahwa caranya banyak ditemuin di Google. Namun beliau lebih menyarankan untuk berkunjung ke artikel Niaga Hoster di Cara Daftar Google AdSense – 99% Pasti Diterima!

Notifikasi Diterima Google Adsense

Setelah mendaftar di Google Adsense, tentunya nanti akan masuk pemberitahuan ke email apakah kamu diterima menjadi publisher Adsense atau tidak. Jika diterima alhamdulillah, dan jika ditolak, coba lagi ya. Mungkin ada yang perlu diperbaiki dari blog kamu, atau blog harus dikembangkan lebih baik lagi.

Kang Herman menjelaskan hal-hal yang perlu diperbaiki jika blog kamu belum diterima Adsense adalah dengan mengaudit konten, perbaiki halaman about, tambah konten baru, atau kalau perlu buat email baru, lalu kemudian daftar lagi.

8 Tips Gajian Pertama dari Google Adsense

Sekarang kita udah masuk ke intinya banget nih, yaitu mendapatkan gaji dari Google Adsense. Gimana caranya? Berdasarkan penjelasan Kang Herman, mendapatkan gaji pertama dari Google Adsense ini ada 8 tahap, yaitu :

1. Gunakan ads.txt

Ads.txt ini berupa file, yang dapat melindungi advertiser dan publisher termasuk untuk pengguna Google Adsense dari fraud seller, fake click, spoofing, dan lainnya. Selain itu, ads.txt ini secara ngga langsung bisa membuat iklan tampil lebih optimal.

Bagi yang ingin tahu lebih banyak cara meletakkan file ads.txt ini di blog, bisa langsung googling aja ya. Ada banyak kok caranya, baik itu untuk platform Blogger ataupun WordPress.

2. Aktifkan Adsense Autoads

Di Google AdSense, ada layanan format iklan yang bernama โ€œAuto Adsโ€. Auto Ads ini dibuat untuk ngemudahin pengguna dalam menerapkan pemasangan iklan Adsense di blog atau website. Jadi dengan fasilitas ini, secara otomatis iklan akan muncul pada area-area tertentu di posisi terbaik. Caranya tinggal masukin kode sekali saja, dan voila! Iklan akan otomatis berjalan.

Sekedar informasi, dengan memasang format iklan Auto Ads ini di blog, pendapatan bisa meningkat 10-15% dari memasang iklan manual biasa.

3. Letakkan Iklan pada Badan Artikel

Setelah mendapatkan kodenya, selanjutnya adalah meletakkan iklan pada badan artikel. Untuk blogspot udah banyak banget tutorial yang menjelaskan step ini. Tapi untuk WordPress, Kang Herman menyarankan kita bisa menggunakan Plugin Quick Adsense.

4. Publikasi Konten Lebih Banyak

Berapa banyak konten yang harus diterbitkan? Buatlah 25 konten. Kalau 25 konten telah tercapai, lanjut buat artikel hingga mencapai 50 konten. 50 konten tercapai, lanjut lagi hingga mencapai 100 konten. Dengan begini, penghasilan dari Adsense akan bertambah seiring waktu.

5. Dapatkan Banyak Trafik

Inilah hal yang paling penting dalam keeksistensian adanya sebuah blog atau website, yaitu trafik. Tanpa trafik, blog jadi ngga bernilai. Trafik itu pengunjung. So, gimana caranya mendapatkan banyak trafik agar penghasilan di Adsense bertambah? Yang paling penting adalah dengan membuat konten yang benar-benar dibutuhin orang agar artikelmu muncul di mesin pencari.

Ada banyak cara lain untuk mendapatkan trafik blog, dan tentu aja ngga bisa saya jelasin disini. Untuk lebih jelasnya kamu bisa googling cara mendapatkan banyak trafik di blog.

6. Verifikasi PIN Adsense

Khusus di Indonesia, verifikasi pin adsense ini akan didapat setelah pemasukan adsense mencapai 10 Dolar. Verifikasi ini dilakuin Google secara manual. Artinya, pihak Google akan ngirimin PIN verifikasi ke alamat yang udah didaftarkan.

Kalau PIN udah dikirim oleh Google, nantinya dashboard Adsense akan muncul pemberitahuan berwarna merah. Pemberitahuan ini baru akan hilang kalau kamu udah melakukan verifikasi sebelumnya dengan menggunakan KTP/ SIM/ Paspor.

7. Setup Pembayaran

Setup pembayaran dalam hal ini yaitu mengatur metode pembayaran uang adsense. Sekarang kamu bahkan bisa langsung mendapatkan uang melalui rekening bank di Indonesia.

8. Perbanyak Konten dan Trafik

Sekali lagi, konten dan trafik ini adalah dua hal yang ngga pernah bisa dipisahkan. Konten yang baik akan menghasilkan trafik yang baik pula. Ada banyak cara membuat konten yang yang bisa mengundang banyak trafik, dan caranya bisa di googling aja.

Cara Gajian Tiap Bulan dari Google Adsense

Biar bisa gajian tiap bulan, Kang Herman menyarankan agar blog yang kita buat bisa lebih dari 150 konten. Ketika 150 konten sudah dibuat, trafik akan berdatangan. Buat terus konten hingga mencapai 7000 viewer. Jika sudah tercapai, buat blog lagi terus dan terus, hingga mencapai penghasilan yang kamu inginkan.


Udah deh segitu aja materi yang saya dapatkan saat Klinik Blog Kang Herman berlangsung. Semoga teman-teman yang baca bisa rasain manfaatnya. Yang mau daftar Adsense semoga cepet keterima, dan yang udah diterima Adsense semoga semakin semangat ngeblog. See you on my next blog post.

14 thoughts on “Gajian Tiap Bulan Dari Google Adsense, Ampuh 100%, Begini Caranya!

  1. Ohy Mbak, kadang Content yang kita cari di Internet, Iklan adsense-nya ngak relevan dng Contentnya. Misalnya : kita cari content tentang ” Makanan, eee yg keluar baju lebaran, nah bijimana nih…..? siapa yang salah, rumput yang bergoyangkah yang salah, ?

    # ngak usah di pikirin deh koement saya, ntar jadi pusing lagi.hahaha…..
    #Saya mau ucapin Met lebaran ajah, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan Bhatin. ๐Ÿ™‚

  2. Bermanfaat sekali artikelnya. Ternyata auto ads bisa ningkatin penghasilan ya? Tapi problem saya untuk copot auto ads terkadang iklannya kebanyakan sih. Namun pengalaman saya sih untuk usia blog tidak harus minimal 3 bulan, beberapa blog saya terbukti approved di seumur jagung.

  3. Hai mbak salam kenal. Sebenarnya Google Adsense ini jadi pikiran saya selama ini. Memang sih bisa menambah penghasilan, tapi kalo blognya kecil traffic kayak blog saya ya lama banget gajiannya hahaha.
    Trus kasian pembaca kalo lagi baca tulisan saya eh ada iklannya. hfffttt jadi kayak ga nyaman.

    1. Saya juga ngerasa gitu Mba. Makanya sekarang lagi belajar bikin artikel yang seo friendly. Yang benar-benar orang butuhin. Alhamdulillah sih lumayan ada peningkatan. Kalo soal pembaca dulu suka ngerasa ngga nyaman ada banyak iklan di blog sendiri. Tapi setelan nginstal plugin tampilan iklannya jadi bisa dibatasin. Dan yang paling penting ngga menghancurkan layout blog. Hehe ๐Ÿ™‚

  4. saya baru berencana kak, dan setelah membaca tulisannya jadi punya pandangan baru. terpikirkan gampang, rupanya tidak segampang yang terpikirkan. btw, terimakasih sudah sharing hasil diskusi dari acara komunitas blognya kak.

    Semangat kak.

  5. Saya sudah setahun tapi belum pernah dapat gajian adsense, mungkin karena trafik blog saya yang minim karena baru 2-3 ribu aja perhari, padahal ads.txt maupun autoads sudah aku aktifkan.

  6. Sampai hari ini blog saya belum adsense mba, karena saya masih agak gaptek kalau soal perblog-an yang ke arah profesional ๐Ÿ˜€ tapi cukup tertarik untuk mempelajarinya hehehe ~ dan ternyata prosesnya panjang juga yaaaa ๐Ÿ˜€

    Thanks for sharing mba, jadi dapat insight baru dari post mba ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *