Cara Membuat Feed Instagram Menarik, Nyambung & Bisa Dipakai Jualan

Feed Instagram

Kalian pasti tau kan dari hari ke hari pengguna instagram semakin bertambah terutama di generasi millenial. Nah, dari makin banyaknya orang yang gunain instagram, para pelaku bisnispun juga ngga mau ketinggalan menjajakan jualannya di platform tersebut untuk mencari customer. Salah satunya adalah dengan membuat feed instagram mereka menarik, nyambung, dan bertema.

Sebenarnya membuat feed instagram jadi lebih menarik, nyambung, dan bertema ini ngga selalu digunakan oleh para online shop untuk jualan. Karena akun personal pun, yang pengguna umumnya adalah anak-anak muda, juga sering membuat feed instagram mereka terlihat menarik supaya banyak yang ikutin.

Feed Instagram @suryanipalamui

Kalau banyak yang follow, bisa jadi selebgram. Kalau jadi selebgram, bisa terima job endorse-an atau paid promote. Tentu ujung-ujungnya biar bisa hasilin duit. Iya kan?

Baca Juga : Bio Instagram Keren & Menonjol, Ini 6 Cara Buatnya Biar Langsung Difollow!

So, kita sepakat dulu ya, bahwa membuat feed instagram yang bisa dipakai jualan ngga hanya berlaku untuk para online shop, tapi juga berlaku untuk akun personal yang ingin punya followers banyak dan jadi selebgram. Kenapa? Karena sebenarnya akun personalpun ngejual branding mereka sendiri untuk nge-influence orang yang jadi followers mereka.

Mari Menata Feed Instagram-mu

Mungkin sebelum masuk ke inti tulisan ini, ada dari kalian ada yang penasaran dengan feed instagram saya sendiri. Well, meski ngga sesempurna feed selebgram yang bertebaran di luar sana, saya sebisa mungkin membuat feed saya terlihat senada, dengan tone warna pink yang emang jadi branding saya sejak dulu.

Jujur aja, ngerencanain feed foto instagram biar menarik itu sebenarnya cukup ngambil effort karena kita musti punya stok foto yang banyak biar lebih leluasa milih dan nyocok-nyocokinnya. Pertanyaannya, tema seperti apa sih yang cocok untuk dipakai?

Baca Juga : Caption Instagram Rapi, Menarik & Banyak Komentar. Ini 30 Ide Cara Buatnya!

Tergantung guys!

Dibawah ini beberapa pertanyaan yang wajib kamu tanyain ke diri kamu sendiri ketika pengen memulai menata instagram:

  • Jenis konten (5 konten) seperti apa yang paling mungkin saya buat tiap hari?
  • Apa tema saya? Apakah saya condong ke gaya minimalis atau maksimalis?
  • Apa 3 warna yang pengen saya tampilkan di feed?

Jawab semua pertanyaan ini dengan jujur sebelum kamu membaca artikel ini lebih lanjut. Kalau ngga, bisa aja semua kerja keras kamu bakalan sia-sia! Misalnya, kamu mungkin suka dengan warna tropis, tetapi bisa saja hal tersebut ngga bisa kamu wujudkan karena kamu ngga memiliki lingkungan atau tools yang mumpuni untuk mengambil gambar tersebut.

Ide Tema Instagram yang Berestetika

Kalau sudah, selanjutnya adalah mencari akun yang feed instagramnya bagus, dan bisa jadi inspirasi kamu dalam menyusun feed. Misalkan saya, karena konten yang saya bagikan berupa keseharian dan info blog di instagram, maka tema feed instagram yang saya cari adalah tema feed yang digunakan oleh akun-akun blogger, dengan tone atau nuansa warna pink (karena saya suka banget warna pink).

Berikut adalah beberapa tema instagram dari akun yang saya suka banget:

Feed Instagram @lapetitenoob
Feed Instagram @tori.smi
Feed Instagram @saraevyandersson

Aplikasi Tema Instagram Keren dan Gratis

Apa kamu masih gunain akun instagram rahasia untuk menyusun feed? Kalau saya boleh saranin, mending kamu hapus aja akun itu, karena ada cara yang jauh lebih baik untuk ngerencanai tema instagram kamu.

Ada beberapa aplikasi untuk ngerencanain feed Instagram yang luar biasa. Pengen tahu aplikasinya apa aja?

FYI, kamu bisa ngerencanain konten sejak jauh-jauh hari, menambahkan teks, dan ketika saatnya memposting, kamu bisa melakukannya dengan percaya diri.

Berikut adalah aplikasi perencanaan tema instagram TOP 3 FAVORIT saya yang bisa ngebantu kamu menghemat waktu, energi, dan memastikan kamu selalu mendapat feedback yang bagus.

1. Planoly

Ngga boong, Planoly adalah aplikasi yang pernah saya gunain untuk perencanaan feed instagram. Fitur drag & drop-nya memudahkan banget untuk switch foto satu sama lain, dan mengotak-atik sampai feed kamu terlihat sempurna.

Aplikasi Planoly
Aplikasi Planoly | Dok. https://planoly.com/

Saat kamu menambahkan teks, teks itu akan mengisi tagar secara otomatis, sehingga menghemat waktu yang kamu habisin untuk mencari dan menebak. Tentu aja, kamu bisa ngejadwalin konten hingga berminggu-minggu sebelumnya.

2. UNUM

Kalau UNUM adalah aplikasi paling keren diantara kumpulan aplikasi perencana tema instagram. Simple, kuat, dan intuitif, UNUM memungkinkan kamu bisa menarik dan ngelepas foto atau bertukar satu sama lain ketika menggunakan aplikasi tersebut. Kamu juga bisa nambahin teks dan tagar, serta ngejadwalin postingan.

Aplikasi UNUM
Aplikasi UNUM | Dok. https://unum.la/

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan alat edit dan filter yang sangat ngebantu kamu untuk nyempurnain foto.

3. Preview

Kalau kamu baru memulai merencanakan dan membuat feed instagram tanpa langsung masuk ke aplikasi atau paket berbayar, pilihan yang paling cocok untuk kamu adalah aplikasi Preview. Aplikasi ini mampu ngerencanain konten tanpa harus menyambung ke instagram.

Aplikasi Preview
Aplikasi Preview | Dok. https://thepreviewapp.com/

Di antara fitur Preview adalah: drag & drop, ruang kotak tak terbatas, pilihan filter, pengelompokan tagar dan kemampuan untuk menambahkan teks dan menjadwalkan posting di masa mendatang.

Tips Instagram Feed 1

Sekarang setelah kamu punya alat perencanaan instagram, saatnya untuk fokus menata feed instagram kamu jadi lebih menarik. Tips terbaik menurut saya untuk dilakukan adalah memilih pilar konten.

Ingat ngga, sebelumnya saya nanya di atas 5 jenis konten mana yang paling mungkin kamu buat tiap hari? Itulah yang akan jadi dasar kamu dalam menata feed instagram. Saya ngga akan nanya “Apa yang harus kamu posting hari ini?” Karena kamu pasti bisa ngerencanainnya dengan baik.

Untuk saya pribadi, ini ngga begitu susah karena konten yang saya publish di instagram kebanyakan mengenai keseharian dan pengalaman di dunia konstruksi. Kalau kamu silahkan di cek, apakah kebanyakan foto selfie, OOTD, flatlays, hal inspiratif, quotes, dll.

Tips Instagram Feed 2

Mulailah memperhatikan feed instagrammers favorit kamu, dan lihat gimana mereka mempersembahkan konten mereka. Pada satu titik, kamu pasti bisa melihat suatu pola.

Jika terinspirasi, kamu bisa mengikutinya. Tapi ingat, untuk tidak mengikuti secara berlebihan karena kamu harus memodifikasinya ala kamu. Ini adalah hal terbaik agar brand kamu bisa dikenal untuk jangka panjang.

Tips Instagram Feed 3

Tips yang ketiga ini terkait cara ngerencanain feed instagram kamu. Saya ngerti banget, hampir kita semua ngerasain bingungnya konten apa yang harus di post selanjutnya.

Bisa jadi kamu nge-scroll foto-foto kamu di album sampai ke bawah banget dengan harapan mungkin kamu akan nemuin foto yang belum pernah di posting sebelumnya. Tentu foto itu harus cocok dengan feed. Perjuangan banget kan?

Inilah pertanyaan sebenarnya, gimana seandainya kalau kamu ngga bisa berada di situasi itu lagi? Jawabannya sederhana, rencanakan ke depan, dengan membuat content instagram planner.

Content Instagram Planner
Content Instagram Planner | Dok. https://bossladyinsweatpants.com/

Segitu aja cara membuat feed instagram menarik, nyambung dan bisa dipakai jualan dari saya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu para instagrammers. Kalau ada pertanyaan atau masukan yang lain, jangan sungkan untuk ngasih tau di kolom komentar ya. See you on the next post!

5 thoughts on “Cara Membuat Feed Instagram Menarik, Nyambung & Bisa Dipakai Jualan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *