Story Instagram Kekinian & Kreatif, Ini Cara Buatnya + Graphics Gratis!

Story Instagram Kekinian 2

Siapa disini pengguna Instagram? Haha, saya rasa semuanya pada punya Instagram lah ya, karena kalau ngga ngapain juga baca tulisan ini. Well, jujur aja setelah ngeliat traffic mengenai membuat cover highlight story instagram yang pernah saya tulis mendapat banyak viewers, saya jadi pengen lagi share mengenai instagram ke kalian. So, di tulisan kali ini saya akan menuliskan Cara Membuat Story Instagram Kekinian dan Kreatif ala Suryani Palamui. Yay!

Kenapa Harus Membuat Story Kekinian?

Sebenarnya membuat story instagram yang kekinian dan kreatif itu akan kurang baik jika kita cuma mengandalkan fitur bawaan story instagram saja. Ini menurut saya yah, soalnya fitur bawaan tersebut masih terbatas utamanya untuk pengguna android. Ngga heran ada banyak banget aplikasi yang diciptakan untuk membuat story instagram terlihat menarik.

Story Instagram

Mungkin ada yang bilang, apa faedahnya saya bikin story instagram yang kekinian, kreatif dan menarik? Iya ngga? Menurut saya tentu berfaedah. Kamu bahkan bisa memperbesar engagement kamu hanya dengan membuat story instagram yang menarik. Cocok banget diterapin kalo kamu seorang influencer/ selebgram atau pengen jadi influencer/ selebgram.

Lagian, siapa sih sekarang yang ngga tontonin story? Hampir semua orang kan? Nah untuk itu penting banget kamu bikin story instagram yang kekinian biar story kamu bisa berkesan. Kalau sudah berkesan, kamu bahkan jualan di story pun pasti bisa laku! Saya sendiri suka banget perhatiin viewers saya di story itu banyak kalo story yang saya buat itu dibikin kreatif. Caranya macem-macem. Saya coba jabarin caranya dibawah ya.

Canva

Canva adalah salah satu aplikasi populer untuk membuat story instagram yang kreatif dan kekinian karena begitu fleksibel untuk menggunakan desain kita sendiri, daripada menggunakan desain standar yang biasanya orang lain gunakan di story instagram. Bagusnya, aplikasi Canva bisa kamu download gratis di Play Store atau di App Store, dan aplikasi ini juga banyak menyediakan template keren-keren dan gratis!

Unfold

Unfold sendiri adalah aplikasi yang bagus dipilih untuk membuat layout story instagram. Disini kamu bisa menambahkan foto, video dan teks. Saya pribadi sebenarnya jarang menggunakan aplikasi ini, kecuali saya pengen bikin insta story dengan layout yang simple. Bedanya dengan Canva, di Canva kita cuma bisa mengimpor gambar, sementara di Unfold bisa mengimpor video. Kalau kamu tertarik, silakan download aplikasinya di Play Store atau di App Store.

Inshot

Inshot adalah aplikasi yang sering banget saya gunain untuk membuat story instagram khususnya berupa video. Aplikasi ini layaknya aplikasi editing video yang lengkap banget, ada tambahan musik, efek, stiker, bahkan bisa digunakan tanpa watermark. Kamu bisa download aplikasinya di Play Store atau di App Store.

Graphics Untuk Story Instagram

Diatas tadi adalah 3 aplikasi andalan yang saya gunakan untuk membuat story instagram yang kekinian dan kreatif. Kamu cukup memilih salah satu saja, dan kalau sudah silakan kamu mulai berkreasi. Untuk menambah estetika story kamu, kamu boleh banget menambahkan beberapa dekorasi graphics untuk membuat story kamu terlihat lebih kece daripada hanya sekedar foto diatas background dan teks. Beberapa graphics yang bisa kamu gunakan :

  • Frame Polaroid
  • Brush
  • Glitter
  • Washi Tape
  • Flowers
  • Hearts
  • Paper
  • Watercolor

Untuk menggunakan graphic seperti diatas, kamu hanya perlu nge-save mereka di galeri handphone kamu, dan kemudian upload langsung di fitur story atau di aplikasi editing yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Dimana Mendapatkan Graphics?

Sebenarnya untuk mendapatkan graphics yang bagus untuk dimasukkan ke fitur story itu ada banyak bisa ditemukan di Google. Tapi, karena saya orangnya baik hati dan ngga sombong, saya pengen share koleksi graphics yang saya temukan untuk kalian secara gratis. Haha. Cara download file-nya langsung aja dengan klik gambarnya ya. Saya sarankan untuk download graphics dibawah via PC atau komputer.

Frame Polaroid

Polaroid Frame untuk Story Instagram

Brush dan Glitter

Brush dan Glitter

Washi Tape

Washi Tape

Flowers

Flowers

Hearts

Hearts untuk Story Instagram

Paper

Paper untuk Story Instagram

Watercolor

Watercolor untuk Story Instagram

Setelah download file diatas, kamu perlu extract file winrarnya jika file-nya berupa winrar. Untuk gambar hearts, karena gambarnya cuma satu file png, kamu perlu meng-copy file gambar tersebut sebanyak 16 copy-an dan crop masing-masing gambarnya agar setiap file gambar hanya terdapat satu heart.

Trus untuk wallpaper-nya, file-nya itu akan berbentuk pdf dalam compress-an winrar. So, kamu musti convert file pdf tersebut menjadi file jpg atau png. Caranya bisa dengan convert online dengan mengunjungi situs pdf to image. Kalau sudah, kamu save gambarnya di galeri handphone, dan kamu bisa segera membuat story lucu dengan graphics diatas.

Emoji Pribadi

Story Instagram Bitmoji

Selain menggunakan graphics yang lucu-lucu, saya juga sering banget menggunakan emoji pribadi di story instagram. Emoji pribadi ini saya buat menggunakan aplikasi Bitmoji yang bisa diunduh di Play Store ataupun App Store. Cara membuat emoji pribadi ini cukup mudah, bahkan saya pernah menulis khusus mengenai caranya di blog ini. Kamu bisa cek di Cara Buat Story Instagram dengan Emoji Pribadimu.

Buat Story Instagram di Handphone

Perlu kamu ketahui, ukuran insta story pada umumnya adalah 1080 px untuk lebarnya, dan 1920 px untuk tingginya. Ukuran ini disesuaikan dengan ukuran layar handphone dengan rasio perbandingan 9 : 16. Kalau kamu pengguna iphone, kamu bisa ikutin cara saya membuat story dibawah ini tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Instagram Story
Instagram Story

Tapi kalau kamu pengguna android, kamu akan butuh aplikasi tambahan seperti Canva, Unfold, atau Inshot. Caranya hampir sama seperti diatas, namun untuk stiker bitmojinya, sebaiknya diimpor saat story akan di upload. Jadi stiker bitmojinya tidak diimpor di 3 aplikasi tadi.

Jangan lupa kalo udah dibuat storynya, masukin highlight instagram biar awet. Kalo mau lebih manis dan cantik, pasangin cover highlight instagram biar lebih keren. Bingung untuk bikin covernya? Kamu bisa beli cover highlight instagram yang saya buat mumpung lagi promo. 🙂

Buat Story Instagram di Komputer

Meski banyak orang yang pengen simple dan praktis mengerjakan semua story-nya via handphone, namun ternyata ada beberapa orang yang lebih suka mengerjakannya via komputer. Alasannya karena mengerjakan story di komputer bisa lebih leluasa.

Semuanya tentu ngga ada masalah karena mau itu lewat handphone atau komputer, story yang akan dibuat bisa sama-sama menariknya. Saya sendiri untuk bikin story di komputer merekompendasikan beberapa situs untuk kamu gunakan, yaitu Canva, Picmonkey, atau Pixlr Editor.

Story Instagram

Ketika kamu udah masuk ke situsnya, pastikan size dokumen kamu 1080 px dan 1920 px. Size dokumen ini bisa didapatkan dengan memilih custom dokumen dan memasukkan ukuran dokumen yang diinginkan.

FYI, untuk Picmonkey dan Pixlr Editor, kamu bahkan bisa menggunakan font yang terinstal di komputermu. Pastikan font-font terbaik sudah ada dan bisa langsung digunakan di komputer atau laptopmu. Kalau kamu belum punya, kamu bisa download font yang saya sediakan di blog ini.


Sudah siap buat story instagram kekinian dan kreatif versimu? Saya tungggu ya! Kalau ada pertanyaan jangan sungkan untuk DM saya di instagram. Trus kalo story-nya udah dibuat, silakan langsung aja mention saya di Instagram @suryanipalamui ya, supaya saya bisa share story kamu di story instagram saya.

Story Instagram Kekinian & Kreatif, Ini Cara Buatnya + Graphics Gratis! Yanikmatilah Saja

9 thoughts on “Story Instagram Kekinian & Kreatif, Ini Cara Buatnya + Graphics Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *