Caption Instagram Rapi, Menarik & Banyak Komentar. Ini 30 Ide Cara Buatnya!

Caption Instagram

Halo guys! Kalian pernah ngga ngerasa udah punya foto yang bagus, tapi pas mau di upload di Instagram malah ngga tau mesti ngasih caption apa? Atau pas setelah upload jadi ngerasa “kok caption gue bentukannya ngga rapi?” atau “kok postingan gue cuma sedikit yang komentar?” Haha. Rasanya ini udah jadi derita dari semua instagramers ya. Well, coba baca apa yang saya sampein dibawah ini.

Kenapa Membuat Caption Instagram Penting?

Ngga bisa dipungkiri Instagram sekarang udah jadi semacam platform blogging ukuran mini yang bisa kamu gunain untuk berbagi hal-hal apa yang ada di pikiran, maupun yang terjadi di diri kamu. Foto yang bagus mungkin aja banyak yang suka, tetapi keterlibatan orang-orang seperti berkomentar, nge-save, atau bahkan nge-share postingan kamu itulah yang sebenarnya sangat dipengaruhi oleh caption.

Ya, kenapa caption? Karena melalui caption-lah kamu bisa menyampaikan pesan yang jelas dari foto yang telah kamu upload. Tanpa caption, orang bisa berasumsi macam-macam terhadap foto kamu. Itulah penting banget kamu harus selalu menggunakan caption kalau kamu ingin meningkatkan engagement di Instagram.

Bagaimana Membuat Caption Instagram?

Pertanyannya, caption seperti apakah yang banyak membuat orang tertarik hingga membuat engagement di Instagram bisa meningkat? Caption yang bagaimanakah yang mesti dibuat biar orang-orang mau berkomentar, nge-save, dan share postingan kita?

5 Tips Caption Instagram yang Menarik

Satu kata kunci untuk caption Instagram yang sempurna, adalah Buat Caption Instagram yang Mampu Menyentuh Hati Mereka. So, berikut 5 tips untuk membuat caption yang menarik :

1Menulislah seperti kamu sedang ngobrol dengan seorang teman. Caption kamu ngga harus formal, tapi buatlah caption itu terlihat natural, santai, dan ramah. Semua followers tentu akan lebih senang jika caption yang kamu gunakan terlihat positif.

2Jujurlah! Open your heart, dan keluarkan isi kepalamu dengan menggunakan sudut pandang orang pertama (Saya) di caption. Percaya deh, dengan begini kamu akan nampak manusiawi. Dengan terlihat manusiawi, kamu akan menimbulkan kesan yang natural.

3Lupakan menulis caption deskripsi yang menggambarkan foto kamu. Mendingan, bagikan cerita dibaliknya. Biarkan pembaca tahu apa yang terjadi sebelum atau sesudah pengambilan gambar, yang mereka ngga lihat dalam foto. Termasuk pengalaman nyata kamu dalam foto itu.

4Minta keterlibatan mereka dengan ngajakin mereka untuk bertindak. Misalnya : tap 2x kalau kamu setuju, tag teman kamu, silakan komentar dibawah, bagikan postingan ini ke teman-teman kamu, atau bahkan klik link di bio instagram.

5Tentuin tujuan kamu di tiap postingan. Mau itu postingan yang mendidik, menghibur, memecahkan masalah, memotivasi, atau postingan basa-basi, buatlah tujuan yang jelas supaya kamu ngga kehilangan arah.

Ide Caption Instagram Menarik dan Banyak Komentar

Setelah tahu tips-tips diatas, saatnya kamu membuat caption. Sebenarnya ada banyak ide caption yang menarik dan bisa mengundang banyak komentar di Instagram sih. Kamu juga bisa kunjungin instagram saya untuk melihat contoh caption yang saya buat. Tapi secara umum, berikut ide caption yang bagus untuk kamu buat dari saya :

Ide Caption Instagram

1. Diri Sendiri
Kasih tau followers kamu, siapa kamu, dari mana kamu berasal, apa hobimu, apa yang kamu lakuin di waktu luang, obsesi atau goals apa yang kamu miliki atau raih, dan hal-hal sederhana yang kamu sukai. Kemungkinan besar followers kamu punya banyak kesamaan denganmu.

2. Tempat Kerja
Tunjukkan seperti apa tempat kerjamu dan hal-hal yang kamu sukai dari tempat kerjamu itu.

3. Perlengkapan
Apa yang menjadi tools fovorite atau andalanmu dalam bekerja, apa yang membuat pekerjaanmu jadi lebih menonjol, tag brand yang kamu gunain. Undang followers-mu untuk komentar apa perlengkapan andalan mereka juga.

4. Sesuatu yang Sangat Dipercaya
Tulislah sesuatu yang kamu percaya dengan membagikan filosofi atau kalimat bijak yang kamu simpen tiap hari untuk mencapai goals kamu.

5. Empat Fakta dan Satu Kebohongan
Sebutkan 4 fakta dan 1 kebohongan tentang kamu, dan ajak followers-mu untuk menebak yang mana kalimat yang bohong.

6. Anggota Tim atau Keluarga
Bagikan fakta yang random tentang mereka, dan bagaimana mereka nge-support kamu di kehidupanmu.

7. Testimonial
Bagikan testimoni dari produk atau layanan yang udah kamu gunakan. Berikan yang jujur ya, karena testimoni yang jujur itu powerful banget.

8. Tujuan dan Alasan
Bagikan alasan dibalik apa yang kamu kerjakan, apa tujuanmu, dan bagaimana kamu bisa sampai di titik itu.

9. Hal Membanggakan
Bagikan hal-hal yang kamu banggakan, baik itu dalam hal personal ataupun bisnis. Tunjukkan bahwa kamu bisa mendorong yang lain untuk berbagi sesuatu yang mereka juga banggakan tahun ini, bulan ini, atau minggu ini.

10. Bersyukur
Bagikan 5 hal yang kamu syukurin hari ini, dan ajak followers-mu untuk membagikan hal-hal apa saja yang mereka syukuri juga.

11. Masa Lalu
Coba berpikir ke masa lalu, dan sebutkan apa saja kemajuan yang telah kamu capai sekarang. Kamu juga bisa masukin foto before dan after-nya.

12. Empati
Bagikan cerita yang general, yang kira-kira followers alamin. Biarkan mereka memahami cerita itu sedalam mungkin, dan tawarkan solusi untuk mereka.

13. Lima Hal Yang Disukai
Sebutkan lima hal yang kamu sangat sukai, dan ajak followers-mu untuk ngasih tau ke kamu bahwa kalian berdua memiliki kesamaan.

14. Perjuangan
Kasih tau satu hal yang sedang kamu perjuangkan, yang bisa membuat kehidupan kamu jadi lebih baik, tapi hal tersebut adalah tantangan besar untuk kamu. Jujurlah, dan ajak followers-mu untuk memberi masukan.

15. Tiga Kata
Gambarkan suatu hal, atau produk, atau layanan dalam 3 kata, dan kenapa followers-mu harus suka dan mendapatkannya juga.

16. Terima Kasih untuk Support
Ucapkan terima kasih kepada followers-mu yang telah mendukung kamu, dan ucapkan juga hal-hal baik yang telah followers kamu perbuat sehingga membuat kamu jadi lebih baik.

17. Quotes Inspiratif
Bagikan hal atau kalimat inspiratif yang penting di hidup kamu akhir-akhir ini, dan jelaskan kenapa. Ajak followers kamu untuk tap 2 kali kalo mereka setuju atau merasa sesuai dengan kehidupan mereka juga.

18. Kegagalan
Bagikan kegagalan kamu dan ceritakan apa yang kamu pelajari dari kegagalan tersebut, supaya followers kamu tidak merasa sendiri.

19. Lagi In
Bagikan sesuatu yang sedang terjadi, atau yang sedang kamu miliki sekarang. Mau itu buku, poscast, film, dll yang sifatnya otentik. Tanyakan ke followers-mu apakah mereka juga punya atau merasakan hal yang sama, dan biarkan mereka untuk membagikan apa yang mereka pikirkan di komentar.

20. Role Model
Siapa tokoh inspirasimu? Kasih tau guru favoritmu, blogger, artis, atau siapapun yang menginspirasimu sehingga kamu menjadi lebih baik. Ajak followers-mu juga untuk tag seseorang yang menjadi figur inspiratif mereka.

Tips Tambahan Untuk Meningkatkan Engagement Instagram

Selain berkreasi dengan caption, kamu juga harus melakukan beberapa hal dibawah ini agar engagement kamu di Instagram bisa lebih meningkat. Berikut 5 tipsnya :

Tips Engagement Instagram

1Gunakan hashtag atau tagar yang sesuai dengan caption-mu. Jangan buat terlalu banyak hashtag karena hashtag yang terlalu banyak cenderung dianggap spam. Sebaiknya jumlah hashtag yang digunakan itu adalah sebanyak 15 hashtag.

2Selipkan emoji atau emoticon di caption, untuk menambahkan kesan ramah. Emoji ini juga bisa membuat followers yang membaca caption-mu merasa ringan membacanya karena ada unsur gambar emoji yang ditampilkan. Gunakan sampai 3 emoji sudah cukup.

3Tidak typo dan menulis dengan huruf yang sewajarnya juga sangat perlu untuk membuat pembaca betah membaca. Jangan sampai ada kesalahan penulisan, atau sampai menggunakan huruf besar kecil secara berdekatan (contoh : NaMa SayA).

4Buat tulisan yang bikin penasaran di awal caption sehingga membuat followers kamu berinisiatif untuk membaca lebih lanjut isi caption secara keseluruhan. Ini trik yang ampuh banget untuk membuat engagement kamu di instagram meningkat.

5Rajin like, komentar, dan tontonin story Instagram followers kamu. Followers yang saya maksud disini adalah followers yang kamu kenal baik seperi teman, sahabat, keluarga, dsb. Kenapa? Karena secara ngga langsung mereka akan ngesupport kamu balik.

Cara Membuat Caption Instagram yang Rapi

Setelah kamu berhasil memikirkan dan membuat caption Instagram, sekarang saatnya kamu mengatur caption tersebut di kolom caption akun Instagram-mu. Tanpa berlama-lama, ini dia cara membuat caption kamu jadi lebih rapi.

Caption Instagram Rapi

1. Menggunakan Karakter Normal di Caption Instagram

Menggunakan karakter normal ini, maksudnya adalah menggunakan karakter yang disediakan di keyboard handphone sebagai enter. Dalam banyak kasus, yang sering ditemuin dalam membuat karakter enter ini adalah karakter titik (.) ataupun garis datar (-).

Cara menggunakannya agar terlihat rapi adalah : Setelah menuliskan kalimat yang diberikan tanda titik (.), langsung enter 1 kali kebawah (jangan ada spasi setelahnya), lalu ketik titik (.), lalu enter 1 kali lagi, dan tuliskan kalimat lanjutannya.

Contoh :
Menggunakan karakter normal ini, maksudnya adalah menggunakan karakter yang disediakan di keyboard handphone sebagai enter.
.
Dalam banyak kasus, yang sering ditemuin dalam membuat karakter enter ini adalah karakter titik (.) ataupun garis datar (-).

2. Menggunakan Line Break

Maksudnya, kamu harus menyimpan spasi atau line break dalam kamus pribadi handphone kamu. Setelah itu, kamu tinggal ngeletakin aja saat membuat caption Instagram. Kamu mesti copy tanda spasi atau line break berikut (boleh pake tanda kurung, tapi ntar dihapus di Instagram atau di aplikasi keyboard):

[⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀]

Penggunaan Line Break di Android
  • Buka menu pengaturan (settings)
  • Masuk ke sistem (system)
  • Kemudian masuk ke bahasa dan masukan (languages & input)
  • Selanjutnya, tekan tombol lanjutan
  • Masuk ke kamus pribadi (personal dictionary)
  • Pilih untuk semua bahasa
  • Tekan simbol tambah (+) di sudut kanan atas
  • Paste line break-nya di bagian kata
  • Hapus tanda “[” dan “]”
  • Masukkan kata untuk digunakan sebagai shortcut dengan kata pilihanmu untuk menampilkan line break di Instagram.
Penggunaan Line Break di IOS
  • Buka menu pengaturan (settings)
  • Masuk ke umum (general)
  • Masuk ke keyboard
  • Masuk ke penggantian teks (text replacement)
  • Tekan tanda + (tambah)
  • Tempel tanda line break tadi di bagian frasa (phrase)
  • Ketik kata sebagai pintasan (shortcut)

Jadi, setiap kamu ngetik kata yang kamu gunain sebagai shortcut, nantinya kata itu akan jadi line break pas kamu membuat caption di Instagram. Ingat! Jangan menambahkan spasi setelah tanda titik jika ingin membuat enter.

3. Menggunakan Layanan Online

Selain setting manual di pengaturan, kamu juga bisa membuka layanan online untuk membuat caption Instagram yang rapi. Adapun layanan tersebut bisa diakses secara gratis di Apps4lifehost atau di Pretty Caption. Kamu sisa ngetik caption kamu di kolom caption-nya, dan klik tombol perintah akhir-nya untuk copy caption-nya.

Caption Instagram Rapi, Menarik & Banyak Komentar. Ini 30 Ide Cara Buatnya! Yanikmatilah Saja

8 thoughts on “Caption Instagram Rapi, Menarik & Banyak Komentar. Ini 30 Ide Cara Buatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *