Bio Instagram Keren & Menonjol, Ini Cara Buatnya Biar Langsung Difollow!

Bio Instagram

Kali ini mengenai Instagram, saya fix bakal share pengetahuan yang sangat penting ini ke kalian. Apalagi kalau bukan membuat Bio Instagram Keren dan Menonjol! Haha. Saya tau ilmu ini penting banget dan pasti kalian cari karena pengen punya banyak followers kan? Tenaaang, di tulisan ini akan saya paparin caranya.

Tapi sebelum masuk ke cara-caranya, ijinin saya untuk ngasih tau kalian fakta mengenai Bio Instagram ini, supaya makin ngeyakinin kalian bahwa memiliki bio instagram yang bisa keren dan menonjol itu sebenarnya wajib. Haha. Racun banget sih saya ini!

Fakta Bio Instagram

Bio Instagram atau Biografi Instagram adalah bagian dari instagram yang ngasih kamu 150 karakter dan satu link eksternal untuk diisi, serta username yang bisa kamu customize untuk membuat profil instagram yang sempurna.

Bio Instagram Sempurna

Kenyataannya, bio instagram ini berharga banget karena bagian dari instagram inilah yang bakal menyambut seluruh kepo-ers alias calon followers untuk mengeksplore instagram kamu dan menciptakan kesan pertama mereka terhadap kamu atau brandmu. Yap! Mengubah pengunjung profil jadi pengikut, dan dari pengikut menjadi pelanggan, itu semuanya bisa secara ajaib dipengaruhi oleh deskripsi bio instagram yang menarik.

Tapi dalam membuat bio yang menarik, ada beberapa hal yang harus kamu pahami untuk mengoptimalkan profil kamu, terutama kalau kamu jualan di instagram. Adapun beberapa hal tersebut, yaitu :

  • Apa yang harus dicapai bio instagram
  • Cara membuat bio instagram yang sempurna
  • Memanfaatkan bio instagram sebaik mungkin

Apa Yang Harus Dicapai Bio Instagram

Membuat bio instagram yang keren dan menonjol itu ngga sama dengan menulis CV buat lamaran kerja. Karena gimanapun, bio instagram ngga menyediakan ruang yang banyak untuk berkreasi karena karakternya yang terbatas. So, kamu harus berpikir kreatif untuk membuat bio instagram ini. Menurut saya, bio instagram yang baik itu harus mencapai hal-hal berikut :

Bio Instagram Goals
  • Ada highlight mengenai informasi dari kamu atau brandmu (termasuk kategori brand)
  • Memudahkan user berkomunikasi dengan banyak cara yang jelas
  • Punya style yang seragam dengan website kamu misalnya, serta platform media sosial kamu lainnya agar branding-nya kuat
  • Membuat target followers merasa instagram kamu berharga bagi mereka
  • Mendorong mereka untuk bertindak, seperti share atau melihat konten, mendaftar ke form yang disediakan misalnya, atau membuat mereka mau berkunjung ke situs kamu

Cara Membuat Bio Instagram Yang Sempurna

Karena bio instagram punya jumlah karakter yang terbatas, ada beberapa hal yang musti kamu prioritasin dalam bio sebelum kamu mulai mengoptimalkan kontennya, yaitu :

1. Memberitahukan Pengunjung Profil Tentang Siapa Kamu, dan Kenapa Mereka Harus Peduli

Ketika users baru nemuin kamu di Instagram pertama kali, kamu harus bisa ngasih mereka info yang mereka butuhin supaya mereka tetap tertarik. Seperti di kebanyakan platform media sosial, kamu ngga akan punya waktu lama untuk membuat mereka perhatiin kamu. So, gunain tulisan ringkas yang bisa menyampaikan maksud kamu dengan cepat.

Perkenalan di bio instagram

Saya ngga banyak-banyak ngambil contoh dari instagram orang lain, karena instagram sayapun bisa jadi contoh. Haha. Di instagram, saya membuat tulisan mengenai siapa saya, dan apa yang followers bisa dapatkan dari instagram saya. FYI, instagram saya bukan akun jualan, melainkan akun pribadi. Jadi saya mutusin untuk membuat calon followers saya tertarik untuk nge-follow saya dengan cara menyediakan hal-hal informatif seputar blog, kreatifitas, dan sesuatu yang menginspirasi di instagram, mengingat saya juga adalah seorang Blogger (keterangan no. 6).

Please, kalian yang baca ini jangan egois. Come on, berfikir logis kenapa sih ada banyak orang yang pengen followersnya banyak tapi ngga bisa memberikan apa-apa untuk followersnya? Guys, followers akan datang secara sukarela kalo kamu “ada apanya”. Bisa itu karena kalian temenan, atau karena kehidupan kamu menarik untuk diikuti, atau kamu bisa ngasih mereka sesuatu yang mereka butuhin seperti sharing info, tips atau tutorial.

Jujur aja sebenarnya saya nyesek banget dengan rules follow for follow yang sering banget orang-orang dengungkan di instagram. Demi mendapat followers yang banyak, mereka rela follow akun yang sebenarnya mohon maaf “nyampah” di home instagramnya. Saya pernah ngelakuin ini hingga akhirnya saya sadar ini ngga baik menurut saya. Jadi saya sekarang udah ngga kayak gitu guys. Huhu. Maafkan!

Sekarang saya ngga peduli followers saya mau sedikit atau berkurang karena tujuan saya di instagram sekarang adalah untuk berbagi info yang saya tuliskan di blog saya (yang mana isinya informatif dan bermanfaat), dan sayapun juga pengen dapat banyak inspirasi dari akun yang saya follow. Saya ngga mau ngefollow akun yang ngga saya kenal dan tertarik hanya demi jumlah followers.

Bahkan kalo instagram kamu berfaedah pasti deh saya jamin bakal saya follow meski ngga di follback. Atau, kita temenan di dunia nyata, atau akrab di dunia maya, pasti saya follback. Sorry, saya cuma pengen berinstagram secara sehat. Hehe.

Eh, jadi curhat! Lanjut lagi yaa.

Karena bio ngga hanya mengandalkan teks, kamu bisa banget membuat bio instagram kamu jadi lebih keren dan menonjol dengan menggunakan :

  • LingoJam untuk customize font (cukup copy paste teks ke bio)
  • Emoji lucu untuk menambahkan kesan kepribadian
  • Directional simbol untuk menarik perhatian ke bagian spesifik bio, seperti link yang bisa diklik sesuai tujuan kamu (keterangan no. 7).

2. Gunakan Hashtag Untuk Promosikan Dirimu

Link di bio bukanlah satu-satunya tulisan yang bisa diklik pengunjung. Kalo kamu punya hashtag atau tagar sendiri, kamu bisa banget sertakan di bio untuk ngundang pengunjung ngeklik dan membawa mereka menjelajahi konten kamu.

Bio Instagram Hashtag

Selain itu, cara ini bakal aktif ngedorong followers kamu untuk membuat dan nge-share foto mereka yang berkaitan dengan hashtag buatanmu. Ini cocok banget buat yang instagramnya dipake buat jualan. Apalagi hashtag nyediain banyak manfaat seperti :

  • Membuat akun kamu (terutama akun jualan) jadi lebih mudah untuk ngumpulin konten sehingga kamu bisa nge-share konten tersebut kembali
  • Mengetahui dengan pasti target atau sasaran followers kamu yang loyal

Bukan cuma hashtag, kamu bahkan bisa nge-tag akun kamu yang lain untuk ngarahin pengunjung profil ke akun kamu yang lain tersebut. Kalau saya sendiri, nge-tag akun Makassar Event dong di bio saya agar mereka (calon followers) bisa kunjungin akun tersebut sampai ramai visitor (keterangan no. 5). Haha.

3. Sertakan Call to Action atau Ajakan untuk Bertindak

Call to Action (CTA) dalam bio bisa banget jadi tambahan yang berharga karena mampu ningkatin kemungkinan users ngambil tindakan dari yang kamu tulisin (keterangan no. 7). Berikut beberapa contoh pendekatan yang bisa kamu lakuin berhubungan dengan CTA :

Call to Action
  • Cara langsung : “Klik link berikut untuk belanja produk terbaru.”
  • Mendorong users untuk berbagi : “Pakai hashtag #hashtagkamu untuk repost
  • Promosikan penawaran waktu yang terbatas : “Belanja selama bulan ramadan dapat diskon”
  • Sorot sebuah kontes : “Bagikan varian favorit kamu untuk kesempatan menang!”

Ngga peduli CTA yang kamu gunain, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat :

  • Unggulin CTA prioritas tertinggi kamu di akhir bio. Orang-orang akan lebih cenderung ngambil tindakan setelah mereka mengetahui siapa diri kamu. Tambahan, hal tersebut bisa ditempatin dekat dengan link atau tautan kamu.
  • Berikan instruksi yang jelas. Kalo kamu pengen membuat users berkontribusi pada tagar kamu, bikin sesuatu seperti β€œBagikan pengalaman unboxing kamu dengan #hashtagkamu” dengan hashtag yang bisa diklik di bagian akhir.
  • Mulailah dengan kata kerja. Contonya seperti (Mulai, Belanja, Tag, dll) untuk langsung ke intinya dan menghilangkan kata-kata yang ngga perlu.

Ingat bahwa kamu bisa nyesuaikan bio kamu untuk mempromosikan sesuatu. Meski instagram kamu bukan akun jualan, coba deh tulisin sesuatu untuk ditunjukan.

4. Manfaatkan Tautan atau Link Sebaik-Baiknya

Link di bio instagram kamu adalah peluang berharga untuk membuat pengunjung profil menuju halaman mana pun yang kamu pengen mereka kunjungin. Mau itu berupa link blog, youtube, ataupun link media sosial kamu yang lainnya (keterangan no. 7).

Ada banyak brand bahkan influencer menautkan link mereka demi memiliki kesempatan untuk mempromosikan sesuatu. Contohnya :

  • Peluncuran produk terbaru
  • Halaman dengan banyak link, seperti Linktree
  • Halaman pendaftaran untuk kursus, daftar email, kontes, acara, dll
  • Artikel atau video terbaru

Pastikan untuk menyesuaikan bio kamu dengan memasukkan CTA untuk tautan baru. Kalo kamu pengen melacak seberapa efektif tautan bio kamu, kamu bisa gunain pemendek URL seperti Bit.ly, untuk mengukur klik tayang.

5. Menambahkan “Tombol Tindakan” untuk Membantu Users Menjangkau Kamu

Umum banget bagi users ngehubungin kamu setelah mereka nemuin dan mengenali kamu di Instagram. Kadang mereka ngirimin kamu pesan langsung (DM), tapi sebenarnya mendapat DM dari mereka ngebuat kita jadi sulit untuk mengelolanya atau kadang kurang jelas. Itulah mengapa penting untuk mengarahkan mereka ke channel-channel yang kita miliki, seperti nomor telepon, email, atau bahkan petunjuk arah ke toko kamu kalo kamu punya lokasi fisik (keterangan no.9).

Kamu bisa ngelakuin ini dengan mengedit profil kamu. Dari sini, kamu bisa memasukin informasi kontak atau channel yang memudahkan pelanggan untuk menjangkau kamu. Berikut beberapa channel yang bisa kamu tambahin :

  • Nomor telepon, yang bisa kamu atur supaya users bisa menelepon atau mengirim pesan teks kepada kamu
  • Alamat email, yang akan membuka aplikasi email default si user dan siap menulis pesan ke alamat yang disediain
  • Alamat, yang akan menjadi petunjuk arah, dan memungkinkan pengguna untuk mengetahui lokasi kamu dari lokasi mereka saat ini
  • Layanan pihak ketiga, untuk memesan janji, membeli tiket, dan lainnya melalui platform seperti Eventbrite

Info kontak ini akan muncul sebagai tombol yang dapat diklik di profil. Tapi jangan memaksakan diri juga untuk memberika nomor telepon kalo kamu ngga pengen nomor kamu dicantumin. Cukup cantumin sesuai keperluan kamu saja.

6. Buat Highlight Instagram Stories di Profil

Instagram Stories adalah bagian penting dari instagram marketing, dan Highlight mampu membuat banyak story penting hadir lebih lama di profil kamu. Coba deh kamu buat story yang keren. Story-story tersebut bahkan bisa disimpan dalam “highlight” yang berbeda, yang bisa kamu beri nama dan atur sesuai keinginan kamu.

Highlight atau Sorotan ini akan hidup di profil kamu tanpa batas tepat di bawah bio kamu (keterangan no. 8), dan ketika diklik akan menampilkan story yang tersimpan satu per satu. Sebisa mungkin buatlah cover highlight instagram yang bagus agar bio terlihat menarik.

Kalo kamu lagi mencari cover yang pas untuk akun kamu, kamu bisa beli produk digital highlight cover instagram yang saya buat sebanyak 120 icon dan cover di Toko Yanikmatilah Saja.

Setelah punya covernya, langsung pasang cover tersebut di profil bio kamu agar semakin keren dan menonjol, serta bikin akun kamu langsung difollow. Ada beberapa ide tema highlight yang bisa kamu buat terutama jika kamu jualan di instagram, seperti :

  • Event yang kamu organize
  • Konten yang dibuat oleh followers kamu
  • Tutorial produk
  • Konten cara pembuatan
  • Belakang layar
  • Produk terlaris
  • Berita dan pengumuman

Memanfaatkan Profil Instagram Sebaik Mungkin

Pada intinya, ketika kamu mulai ngebangun hubungan dengan orang lain di instagram, kemudian mulai posting konten baru untuk followers kamu, buatlah mereka bisa terikat sehingga pengen selalu mengunjungi profil instagram kamu. Caranya? Bikin mereka penasaran dengan inovasi-inovasi yang kamu buat.

Bio instagram adalah kesempatan kamu untuk membuat pengenalan yang kuat atas diri kamu, dan ngeyakinin para pengunjung ini untuk bertahan sebentar hingga mereka mau ngefollow kamu.

Suryani Palamui

8 thoughts on “Bio Instagram Keren & Menonjol, Ini Cara Buatnya Biar Langsung Difollow!

  1. Aku suka baca ulasan cara membuat bio ig …, detil banget dijelaskan disini.

    Sukses ya, kak.
    Semoga cover bio ig keren kreasi kak Suryani tambah banyak peminatnya.

  2. Followersnya luar biasa banyaknya teh,..,..ajarin dong ,..bener kata teteh jika ingin banyak followers harus bisa memberikan sesuatu untuk orang lain ya teh,.setidaknya bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *