Minggunya Yani #4 : 20 Mei – 26 Mei 2019

Minggunya Yani 4

Kembali lagi di Minggunya Yani yang Keempat. Menjelang hari kemenangan, alhamdulillah saya lagi-lagi mendapatkan kesempatan untuk pergi kesana kemari di berbagai kegiatan positif. Hehe, kali ini saya ngga banyak basa-basi. So, sebelum melanjutkan bacaan dibawah ini, kamu boleh liat dulu seperti apa Minggunya Yani ini dengan baca yang part-part sebelumnya yaitu Minggunya Yani #1, Minggunya Yani #2, dan Minggunya Yani #3.

Minggunya Yani 4

Well, langsung aja ini dia Minggunya Yani #4, mulai dari tanggal 20 Mei sampai tanggal 26 Mei 2019 :

Buat Halaman Portfolio Website di Blog
Senin, 20 Mei 2019

Seperti biasa, ini adalah waktunya saya ngajar kelas AutoCAD di PTC Indonesia. Abis ngajar, pulang-pulang saya coba bikin halaman portfolio website di blog ini. Ngga nyangka bulan ini udah 3 website yang saya buat.

Meeting Dengan Tim Makassar Event dan Tim Lagi Seru
Selasa, 21 Mei 2019

Menjelang buka puasa, saya ke Indi Cafe buat ketemuan sama Oji (owner Makassar Event juga), dan Asti (admin Makassar Event). Kami meeting untuk persiapan pitching startup Makassar Event di Makassar Digital Valley esoknya, sama saya juga jelasin ke mereka mengenai pengoperasian website Makassar Event yang baru.

Minggunya Yani 4

Anyway soal pitching, kami dari Makassar Event tuh pengen banget bisa dimentorin sama orang-orang yang berpengalaman di bidang startup biar Makassar Event ini bisa lebih berkembang. Apalagi kalo startup yang kita bangun ini punya prospek yang bagus kedepan, kita tuh bisa dipersiapkan dan dimentorin untuk ikut kompetisi startup secara nasional. Tentu aja kita juga bisa banget dapat pendanaan dari para investor. Keren kan?

Setelah meeting Makassar Event, saya juga ketemuan dengan Fajar dan Fiqhi dari pihak Lagi Seru untuk membahas kerjasama yang mereka tawarkan ke Blogger Anging Mammiri di kegiatan silaturrahmi dan buka puasa bersama alumni dan mahasiswa komunikasi Universitas Fajar, yang kegiatan tersebut disingkat KURMA MANIS.

Di meeting ini saya ditemenin Rey anak divisi project di Blogger Makassar, dan ngga lupa koordinasi sama Kak Evhy (ketua Blogger Makassar) dari jauh karena doi berhalangan hadir.

Minggunya Yani 4

Ceritanya si pemilik website Lagi Seru (Fajar dan Fiqhi) berinisiatif untuk bikin kegiatan bermanfaat berupa sharing kepenulisan di bulan puasa ini. Karena Lagi Seru ini masih terbilang baru, dan penulis-penulisnya belum semuanya terlalu berpengalaman, mereka pada akhirnya meminta bantuan dari pihak Blogger Makassar untuk mengisi acara tanggal 24 Mei di KURMA MANIS.

Terjadilah negoisasi diantara kami mengenai teknis kegiatannya nanti. Untuk jenis sharingnya kita sepakati berbentuk talkshow, dan menjadi narasumbernya adalah Kak Evhy dan saya sendiri selaku sekretaris Blogger Makassar. Kemudian untuk durasi talkshownya sekitar 45 menit, hingga sub-sub topik kepenulisan yang akan disampaikan di hari H nya nanti lebih fokus ke kepenulisan yang menarik dan bisa menghasilkan. Duh, beraaat coy!

Presentasiin Makassar Event
Rabu, 22 Mei 2019

Hari menegangkan pun tiba, saya akhirnya presentasi mengenai Makassar Event di hadapan para mentor startup di Makassar Digital Valley, pukul 13.00 WITA. Saya ditemani Asti, dan kita dapat banyak masukan untuk Makassar Event dari mereka usai presentasinya selesai.

Apa aja masukannya? Ngga bisa saya detailkan disini karena masukannya itu banyakan kekurangan. Haha. Seketika saya ngerasa down sampe speechless karena para mentor ini ngasih masukan yang menyadarkan saya bahwa Makassar Event ini sebenarnya masih banyak yang perlu dibenahi.

View this post on Instagram

Selamat sore, MDVers 😊 Baru saja telah berlangsung Bizpitch “Open Pitch for Local Startup”. Startup yang bergabung di 1st round ini, yaitu @qerjakan, @bikinhadiah, @mksevent, Mate, Recht.id dan Makassar Promo bersama para judge yaitu pak Dibya Pradana (Direktur Eksekutif Digital Valley) S.Aryani (General Manager Makassar Digital Valley), dan Ahyar Muawwal (Residen Mentor Indigo Makassar Digital Valley). Semoga bermanfaat yah sesi coaching hari ini. Buat kamu yang startupnya belum bergabung, stay tune yah untuk Bizpitch di round selanjutnya 🙂 _ Manfaatkan fasilitas dan program free dari Makassar Digital Valley yuk ! Caranya? silahkan Visit www.makassardigitalvalley.id yah. _ Makassar Digital Valley adalah inkubator & akselerator startup di kawasan timur indonesia oleh Telkom Indonesia. _ #mdv #makassardigitalvalley #eventmdv #startupjourney #founder #incubatorstartup #digitalbusiness #startup #startups #ceo #unhas #digital #business #tech #makassar #technology #digital #hispter #design #software #professional #geek #dropbox #google #programmer #programming #developer #hacker #siliconvalley

A post shared by Makassar Digital Valley (@telkommdv) on

Sementara masukan positif dari mereka untuk Makassar Event sendiri adalah mereka terkesan dan salut atas keaktifan Makassar Event yang ngga pernah berhenti menginformasikan info event untuk kota Makassar dari 2012. Lama banget coy Makassar Event kalo kalian mau tau.

Saya sendiri memang bukan pendirinya, tapi saya termasuk salah satu orang yang mengembangkan Makassar Event ini karena saya masuk jadi bagian Makassar Event itu sejak tahun 2014. Alhamdulillahnya komunitas Makassar Event bisa lahir atas inisiatif saya.

Selesai acara pitching, saya langsung ke tempat kursus buat ngajar. Anyway jadwal ngajar saya itu di Senin, Rabu, dan Jumat, di jam malam. Haha just info ajah!

Buat Website Portfolio Arsitektur
Kamis, 23 Mei 2019

Hari ini sebenarnya saya mesti bikin konten untuk akun instagram portfolio arsitektur saya. Tapi kenyataannya konten tersebut belum bisa dibuat karena saya seharusnya buat websitenya dulu. Jadi semalaman saya cuma ngerjain websitenya mulai dari pembuatan sub domainnya, tema websitenya, dan isi-isinya. Hmm, sampai saat saya nulis ini urusan untuk website ini masih belum selesai sih. Mungkin bulan depan baru saya kelarin. Soalnya akhir-akhir ini aktifitas padat banget. Haha.

Jadi Narasumber Blogger Makassar di Universitas Fajar
Jumat, 24 Mei 2019

Sesuai tulisan diatas sebelumnya, di tanggal 24 Mei saya dan kak Evhy jadi narasumber untuk talkshow kepenulisan di acara silaturrahminya anak komunikasi Universitas Fajar, yang kerjasama dengan Lagi Seru pukul 16.00 WITA. Hari itu saya sampe ketemu Dade alias Shinta (tante kecil saya), yang jadi panitia acara kegiatan itu. Udah nebak dari awal sih, pasti saya bakal ketemu dia. Dianya aja yang ngga tau kalo saya yang bakal ngisi acaranya. Haha.

Di sharing kali ini durasi buat ngomongnya ngga banyak cuma 45 menit karena emang sharing kepenulisan ini bukan kegiatan utamanya. Secara umum saya menyampaikan tentang cara menulis yang menarik, dan bagaimana blogger bisa menghasilkan sesuai pengalaman saya. Sebenarnya penghasilan saya di blogger ngga banyak, dan itu udah saya sampaikan di awal ke mereka untuk ngga berekspektasi lebih mengenai penghasilan dari blog. Karena ngeblog itu sejatinya butuh waktu dan dedikasi.

Saya cerita juga pengalaman saya diawal-awal ngeblog seperti apa. Hingga di akhir talkshow, saya ngajakin mereka untuk gabung di komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri. Saya ngasih tau ke mereka cara untuk bergabung ke komunitas Blogger Makassar, dan ngga lupa buat ajak mereka untuk meramaikan kegiatan Klinik Blog yang Blogger Makassar adakan setiap bulan. Alhamdulillah respon mereka baik sekali.

Abis buka puasa disini, saya langsung meluncur ke tempat kursus buat ngajar AutoCAD. Haha. Capek juga sih, tapi cepek yang menyenangkan!

Sibuk Jadi Panitia Kegiatan Berbagi Kado Lebaran Tuk Yatim
Sabtu, 25 Mei 2019

Nah, kalo di hari ini, kegiatan saya tuh lebih capek lagi dari sebelumnya karena di hari ini Blogger Makassar mengadakan kegiatan Berbagi Kado Lebaran tuk Yatim, yang kolaborasi dengan Dompet Dhuafa Sulsel, Mall Phinisi Point, Makassar Event, dan Browcyl Makassar.

Ini tuh acara yang udah dari jauh hari kami persiapkan sampe ngumpulin donasinya benar-benar di push banget. Alhamdulillah dananya cukup untuk organize kegiatan ini menjelang hari H.

Berlokasi di Mall Phinisi Point (Mall PIPO), saya yang jadi penanggung jawab bagian Acara, diharuskan stand by di Panti Asuhan Nur Huda (panti yang menjadi sasaran kegiatan kami) untuk kawalin anak-anaknya bisa sampai ke Mall PIPO dengan selamat.

Dengan mengandalkan 4 mobil Grab, alhamdulillah ke-35 anaknya pun tiba di Mall tanpa ada kekurangan sedikitpun bersama tiga orang pembinanya. Padahal tadinya saya sempat panik lho karena ngatur-ngaturnya itu lumayan bikin kewalahan. Haha.

Tiba di Mall PIPO, acarapun dimulai pukul 16.00 WITA dengan kegiatan Talkshow Cerdas Berinternet Secara Sehat sebagai acara pertama, kemudian dilanjutkan dengan games, lalu pembagian kado, hingga acara terakhir yaitu buka puasa bersama. Seneng banget acaranya berjalan dengan sukses. Anak-anaknya pada senang dapat kado lebaran dari kami.

Ke Event Marencong-Rencong Buat Belajar Instagram Marketing
Minggu, 26 Mei 2019

Di hari ini saya dapat ilmu baru mengenai instagram marketing dari Daeng Faqih (Digital Marketer asal Makassar) di event Marencong-Rencong, Indi Cafe Makassar, pukul 16.00 WITA. Kalian pasti mau tau kan sebenarnya Marencong-Rencong ini apa?

View this post on Instagram

[ MA’RENCONG-RENCONG DAY ] . — Talkshow SOCIAL MEDIA MARKETING – “Cara Jitu Jualan Lewat Instagram” — . Mau jualan online di Instagram, tapi masih bingung mau mulai dari mana?? Atau sudah punya jualan, tapi orderan sepi?? . Jangan risau! Kali ini, event Ma’rencong-rencong Day akan menghadirkan trainer handal buat kamu semua. Sambil belajar, Yuk ngabuburit 😊 . TRAINER : Daeng Faqih (Praktisi/Konsultan Digital Marketing, CEO Frame Insight Indonesia) . SAVE The Date 🗓 Minggu, 26 Mei 2019 ⏰ 04.00 Sore – Buka Puasa 📍 Indi Cafe Makassar (Jl. AP Pettarani, Telkom) . HTM : Only 35K Include: – Makanan dan minuman berbuka puasa – Ilmu – Kesempatan bergabung di Ma’rencong-rencong Community . Pendaftaran : WA 0859-4283-7030 (Sarah) . — PESERTA TERBATAS — AMANKAN SEAT ANDA SEKARANG JUGA — . #MarencongRencongDay #IndiHome #IndiCafeMks #MakassarEvent #FrameInsightIndonesia #mksevent #eventmks #Makassar #eventmakassar

A post shared by Makassar Event (@mksevent) on

Jadi Marencong-Rencong ini adalah komunitas yang menyelengarakan event edukasi di Makassar setiap minggunya. Ini kali kedua mereka ngadain event talkshow, yang mana di event pertama sebelumnya mereka udah ngadain event Public Speaking sebagai topik. Minggu depannya lagi akan ada event Beauty. Keren kan?

Di event kali ini saya ngga sendiri seperti di event public speaking sebelumnya yang diadakan oleh Marencong-Rencong. Alhamdulillah saya ditemani Asma anak baru komunitas Makassar Event. Tentu aja kita berdua bisa kesini karena kita diundang sebagai Makassar Event. Jadi acaranya gratis dong, apalagi kita dikasih makanan buka puasa juga. Alhamdulillah banget lah pokoknya untuk Minggu Keempatnya Yani ini. Haha.

Suryani Palamui

5 thoughts on “Minggunya Yani #4 : 20 Mei – 26 Mei 2019

  1. Ternyata teteh suyani punya segudang aktivitas yang padat betul ya,..ha-ha,..bahlan kalau saya lihat hampir enggak ada waktu buat melakukan hal-hal yang tidak ada gunanya, menjadi blogger yang seperti ini nih yang saya suka,..jos terus lah pokoknya

  2. saya senang lihat teman yg punya segudang kegiatan positif.saya dukung itu.
    ohy…..power mbak yani itu kayaknya ada dua hal deh: pergaulan dan dunia arsitek.coba kolabirasikan dalam bentuk layanan di web, biar orang akan mengenal si mbak sebagai arsitek yg suka bantu teman temanya.coba bikin forum di web.ini khusus utk konsul seputar desain rumah.#ini tantangan dari saya loh….hahah.

    1. Wah, ya teh,..boleh juga ide kang nata,..barangkali ilmu master bloggingnya bisa saya dan yang lain contoh,..sebagai seorang blogger pemula,..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *