Custom Domain Blogspot, Cara Mengubah blogspot.com Jadi .com

Custom Domain Blogspot

Halo semua, setelah kamu baca postingan saya sebelumnya mengenai Membuat Blog Untuk Pemula, Ini 10 Langkah dan Cara Mudah Mulainya, kali ini saya akan ngasih tau ke kalian lagi mengenai cara membuat blog yang berplatform Blogger atau Blogspot bisa berdomain profesional dengan cara Custom Domain Blogspot. Ini stepnya bakal saya jelasin se-simple mungkin dan benar-benar sangat mudah dipraktekin oleh pemula sekalipun. Jadi saya harap kamu bisa dengan mudah ngikutinnya.

Buat Blog

Step paling pertama dalam membuat blog adalah kunjungin halaman Blogger, dan klik Create Your Blog dengan memilih akun email (Gmail) kamu di halaman tsb. Untuk mendaftar di Blogger, kamu emang harus punya akun email di Gmail. Kalau belum punya, silahkan kamu buat dulu akun Gmail kamu.

Membuat Blog

Masukkan password email kamu, lalu klik Next hingga kamu dialihkan ke halaman konfirmasi profile. Silahkan ketik Nama Tampilan kamu, dan klik tombol Lanjutkan ke Blogger. Jika sudah, kamu akan dialihkan ke halaman baru dan langsung klik Buat Blog Baru.

Buat Blogspot Berdomain Profesional

Kemudian akan muncul kotak dialog, dan silahkan kamu isi sesuai keinginan kamu. Untuk Judul diisi dengan nama blog kamu, untuk Alamat diisi dengan alamat blog/ url blog kamu (otomatis berdomain blogspot.com), dan untuk Tema silahkan pilih salah satu dari gambar yang tersedia. Kalau sudah, klik Buat Blog!

Buat Blog Baru

Sampai disini, blog kamu sudah jadi deh! Lanjut ke step berikutnya untuk mengenal fitur utama blog. Abaikan Google Domains Beta yang secara pop up muncul di layar kamu ya. Nanti diakhir postingan ini, saya bakal kasih tau cara untuk ganti domain blog kamu biar terlihat profesional.

Membuat Tulisan

Menu Blogspot

Gambar disamping adalah gambar menu utama/ fitur utama untuk menunjang aktifitas blog kamu. Kalau kamu baru banget mengenal blog, kamu bisa memilih menu Halaman untuk mulai membuat postingan Tentang Saya atau Tentang Blog. Cara buat postingannya mudah kok, karena tampilannya hampir mirip Ms. Word.

Di menu halaman, kamu bisa membuat tulisan apapun untuk menunjukkan identitas blog kamu. Bedanya dengan menu Postingan, membuat tulisan di Halaman, tulisan tsb ngga akan terupdate di Home blog kamu. Tapi kalau Postingan, secara otomatis akan terupdate di Home blog kamu.

Jadi untuk menulis di Postingan, jenis tulisan yang bisa dibuat adalah tulisan postingan blog pada umumnya, sesuai dengan niche blog kamu, seperti cerita pengalaman, tutorial, tips, dsb yang bisa kamu bagikan secara umum. Kamu bisa bikin sampai 5 tulisan dulu.

Modifikasi Tampilan Blog

Setelah menulis 5 postingan tadi, kamu boleh memodifikasi tampilan blog kamu. Kalo saya sih, saranin banget untuk kamu download template (tema) blog dari luar, dan bukan dari bawaan Blogger. Karena template bawaan Blogger itu basic banget dan ngga responsive. Kamu bisa download template blog gratis dan responsive yang beredar di internet. Ada banyak desain blog yang cantik-cantik banget dan gratis.

Setelah kamu download satu template yang kamu suka tadi, extract file zipnya untuk mendapatkan file xml-nya. Lalu, kamu bisa langsung ke menu Tema yang ada di dashboard (seperti gambar diatas sebelumnya), lalu klik tombol Backup/ Pulihkan yang ada di kanan atas, kemudian klik Choose File. Cari file XML hasil extract winrar tadi. Selanjutnyanya pilih Upload.

Blogspot Berdomain Profesional

Di hasil extract file zip tadi, biasanya ada file Documentationnya. Nah silahkan kamu klik file tsb, karena itu adalah panduan untuk membuat tampilan blog kamu sesuai dengan Demo Blog template tersebut. Pastinya kamu akan banyak bermain di menu Tata Letak.

Kalau tampilan udah oke sesuai kemauan kamu, selanjutnya adalah membuat url atau domain kamu terlihat lebih profesional. Yeeey! Lanjut lagi ya bacanyaaa.

Membuat Blogspot Domain Profesional

Dalam membuat domain jadi lebih profesional, yakni custom domain blogspot, hal yang paling penting adalah nama yang akan kamu berikan. Putuskan nama domain kamu, dan cek ketersediaannya disini. Silahkan ketik nama blog kamu, dan klik Cari. Lalu klik Daftarkan Domain setelah menemukan url untuk blog kamu.

Custom DOmain Blogspot
Custom Domain Blogspot

Lakukan transaksi sampai selesai, hingga akhirnya kamu tranfer uangnya untuk mendapatkan domainnya. Setelah domainnya terbayar, selanjutnya adalah mensetting domain tersebut di blog kamu.

Setting Domain di Client Area

Pertama-tama, kamu login dulu di Client Area untuk memasukkan nama email dan password yang telah diregistrasi. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke dashboard Client Area untuk custom domain blogspot, dan silahkan klik menu Domains pada sidebar kiri. Beri centang dan klik domain yang dipilih untuk digunakan pada Blogspot kamu.

Kalau sudah, silahkan centang pilihan Use Default Nameservers untuk mengecek Name Server kamu. Kemudian, klik Change Nemeservers.

Nameservers

Nantinya juga kalian harus mensetting DNS Zone Manager agar bisa aktif dengan cara klik Start kalau belum aktif.

Manage DNS

Setelah klik Start, akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kalau sudah muncul, jangan lupa klik Save Changes.

Blogspot Domain Profesional

Kemudian, kalian harus masuk ke menu Setting untuk memilih Blogger Settings.

Blogger Settings

Custom Domain Blogspot

Selanjutnya adalah custom domain blogspot, atau setting domain di platform blog itu sendiri. Pertama-tama, buka di tab baru website Blogger dan login dengan akun kamu. Kemudian masuk ke menu Setelan > Dasar di dashboard, lalu di bagian Publikasi, klik + Siapkan URL Pihak Ketiga Untuk Blog Anda. Silahkan tuliskan nama domain kamu contoh : www.namablogkamu.com. Pastikan menggunakan www, dan klik Simpan.

Custom Domain Blogspot
Custom Domain Blogspot

Ketika kamu klik Simpan, akan ada pesan error yang muncul. Hal tersebut wajar karena kamu belum melakukan sinkronisasi antara domain dengan blog. Nah, selanjutnya akan ada kode yang diberikan yaitu host unik (dibawah tulisan www), dan record unik (dibawah tulisan ghs.google.com) dari google yang saya tandai kotak merah di gambar berikut. Kode ini berbeda-beda setiap orang. Jadi pastikan kamu catat kode unik tersebut.

Custom Domain Blogspot

Host unik dan record unik tersebut wajib digunakan untuk melakukan custom domain profesional. Masuk ke menu Client Area, lalu klik menu Domains, dan pilih tab Settings. Nanti kamu akan ketemu gambar dibawah ini. Jadi, kamu cukup memasukkan host unik dari google dan record unik dari google pada kolom yang disediakan di halaman Client Area dan klik Save.

Host Unik dan Record Unik Blogspot

Setiap akun memiliki host unik dan record unik yang berbeda. Jadi, pastikan copy paste sesuai dengan yang tertera di akun blogger kamu! Tunggu beberapa saat, maka proses custom domain ke Blogger akan berhasil.

Setting Blogger

Lakukan Pengecekan

Silahkan cek apakah Blogger telah diarahkan ke domain atau belum, dengan klik menu Domains, lalu klik Addons. Pilih DNS Zone Manager lalu klik Manage DNS. Pastikan terdapat 4 IP address (tipe A) dari Blogger dan 2 akun CNAME seperti gambar berikut :

Setting DNS

Selanjutnya silahkan masuk ke akun Blogger kamu, di menu Setelan > Dasar. Klik pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL Pihak ke-3 Untuk Blog Anda, lalu klik Simpan. Kalo masih belum bisa, silahkan bersabar karena mungkin Blogger masih dalam proses propagasi dengan DNS yang dapat memakan waktu sampai 24 jam.

Setting Blogspot

Setting HTTPS

Ini adalah step terakhir, agar blog kamu aman. Silahkan lakukan setting seperti gambar dibawah ini pada dashboard blog kamu di Setelan > Dasar.

Https Blogspot


Bagaimana? Udah sukses dengan domain profesionalnya? kalau kamu ada kesulitan, jangan sungkan untuk nanya-nanya di kolom komentar ya. Pasti akan saya respon secepat mungkin. Terimakasih.

16 thoughts on “Custom Domain Blogspot, Cara Mengubah blogspot.com Jadi .com

  1. Ini kalau misalnya sudah ada lama pake blogspot juga bisa diubah tampilannya jadi profesional, trus ini bayarnya cuma sekali ya kak. Terimakasih infonya

  2. panduan nya lengkap banget kak, step by step nya mudah diikuti, jadi mudah untuk apply tutorial ini, kalau custom domain blogspot ini bisa lebih hemat pengeluaran ya kak, karena hanya butuh beli domain saja, hosting nya gratis di blogger 😉

    1. hemat pengeluaran ngeblog ini kak penting juga, karena kalau beli domain dan hosting biaya nya lumayan besar juga, kalau nggak sanggup perpanjang bisa repot juga soalnya banyak post yang sudah diterbitkan di blog. Kalau di blogspot sepertinya aman ya kak post nya walaupun lupa perpanjang domain 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *