5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula)

5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat menarik

Halo teman-teman semua. Di postingan kali ini saya punya beberapa info yang perlu banget kamu ketahui sebagai blogger pemula. Kalau kamu merasa blog kamu ngga terlihat menarik atau bahkan bikin kamu malas untuk menyentuhnya, pas banget saya saranin untuk baca tulisan ini sampe habis. Meski 5 hal ini basic banget sih untuk blogger pemula, tapi saya harap apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat buat kamu.

Apalagi kalau misalkan kamu pengen menambah value dan pengen lebih mendapatkan enganged readers untuk blog kamu, saya sangat mewajibkan untuk kamu ikutin tips ini. So, langsung saja ini dia 5 Hal Yang Membuat Blogmu Terlihat Menarik Untuk Blogger Pemula :

5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula) Yanikmatilah Saja

Tambahkan Banyak Gambar

Ngga peduli sebaik atau sebagus apapun kamu dalam menulis, kalau kamu ngga mencantumkan gambar untuk pembaca kamu di blogmu, saya yakin mereka bisa boring dan akan meninggalkan blog kamu. Penting banget lho untuk kamu menjaga visitors kamu di blog selama mungkin, apalagi kalau mereka bisa berkomentar sampe mengunjungi postingan lain dari blog kamu.

Coba deh kamu membaca suatu tulisan tanpa gambar. Emang kamu betah? Okelah kalau koran mungkin kita betah-betah aja bacanya karena informasinya memang dibutuhkan dan medianya pun kalo dibaca ngga bikin mata lelah. Tapi kalau blog, tahu sendiri kan blog itu sumber pembaca terbanyaknya berasal dari smartphone, kemudian laptop, dsb. Mata sudah lelah kena cahaya layar, ditambah tulisan kamu yang ngga ada gambarnya sama sekali, ya udahlah BYE!

5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula) Yanikmatilah Saja

Kalau kamu perhatiin blog saya inipun juga banyak gambar yang saya masukin dalam setiap postingan. Gunanya yah biar kamu-kamu yang baca ngga merasa bosan. Hehe.

Gambar itu akan nge-break up text kamu guys. Gambar-gambar itu akan selalu ngesupport apa yang kamu tulis dan membuat mereka si pembaca pengen ngescroll terus sampe kebawah. Terutama kalau gambar kamu bisa disematkan dengan size yang sesuai dengan badan blogpost kamu.

5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula) Yanikmatilah Saja

Sekarang coba deh kamu perhatiin popular posts blog kamu. Kalau gambarnya kurang, coba tambahkan beberapa gambar disana. Cek perkembangannya apakah setelah kamu masukin banyak gambar hasilnya jadi lebih baik atau ngga. Saya yakin pasti jadi lebih baik.

Buatlah Sesimple Mungkin

Blog yang bagus adalah blog yang terlihat clean, berestetika, ngga berantakan, dan terorganisir. Setiap komponen dari blog seharusnya punya suatu tujuan dan punya kemampuan untuk ngebranding blog kamu. Blog mesti menarik. Kalau kamu punya beberapa widget di blog yang ngga penting, dan ngga melakukan banyak hal untuk kamu, please delete aja widget itu, karena widget tersebut bisa membuat blog kamu jadi lambat loadingnya.

5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula) Yanikmatilah Saja

Sementara untuk tampilan blog di home, usahakan ada foto bloggernya, ada ringkasan kalimat Tentang Saya-nya, ada informasi yang menunjukkan bahwa kamu adalah bagian darimana, misalkan dengan memasang banner komunitas, atau foto penghargaan, dll. Widget popular posts sama label pada home kamu juga penting. Silahkan disesuaikan saja dengan theme blog kamu.

Kamu juga ngga pengen kan pembaca kamu jadi susah terhubung dengan kamu? Nah widget yang menurut saya penting itu adalah media sosial. Misalkan kamu aktif banget di Instagram, pasang widget tersebut di tempat yang visible. Karena kalau ngga, kamu akan kehilangan banyak followers potensial. Jadi pastiin mereka bisa liat kontak kamu.

5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula) Yanikmatilah Saja

Ada Sentuhan Personalnya

Menurut saya, blog itu personal. Itulah yang ditangkap pembaca. Mereka ngga berkunjung karena blog kamu adalah situs corporate besar yang mereka ngga tau siapa dibalik setiap postingan itu. Tau ngga, mereka itu berkunjung ke blog kamu karena kamu jujur, genuine, dan passionate terhadap apa yang kamu tulis. Tapi kalau blog kamu ngga ada sentuhan personalnya, yah bisa aja akan diabaikan karena mereka ngga tau siapa orang dibalik itu semua.

Ini masih bersinggungan dengan point nomer 2 sih, yaitu tambahkan headshot diri kamu di blog, pada sisi sidebar. Silahkan temukan foto favorite kamu, edit sebagaimana yang kamu suka, entah bentuknya kotak atau lingkaran. Punya foto pada sisi tersebut membuat pembaca bisa terconnect dengan kamu secepatnya, karena mereka bisa melihat wajah dari karya yang dibacanya.

5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula) Yanikmatilah Saja

Coba luangkan waktu untuk membuat header blog juga, karena hal pertama yang orang bisa lihat ketika berkunjung ke blog kamu adalah Header Blog. Apalagi header ini bisa dijadikan logo bisnis suatu saat nanti kalau kamu ingin menseriusinya.

Semuanya bisa dibuat dengan memilih font sebagai permulaan. Adapun untuk menemukan font ini, kamu bisa berkunjung ke website Dafont. Ini situsnya bagus banget karena kamu bisa mengetik nama blog kamu di situs tersebut, dan bisa ngelihat seperti apa tampilannya dalam model yang berbeda. Lalu, kamu bisa download deh font yang kamu suka.

Sekali lagi, keep it simple! Logo itu ngga pernah complicated, karena logo adalah sesuatu yang memudahkan orang-orang untuk melihatnya, dan sifatnya memorable. Saya juga ngerekomendasiin kamu untuk menambahkan signature pada akhir postingan blog kamu agar terlihat menarik.

5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula) Yanikmatilah Saja

Temukan Niche Blog Menarik

Saya rasa ini adalah hal yang paling sering disampaikan oleh blogger-blogger senior, yaitu menemukan Niche Blog. Pikirkan hal yang kamu sukai, dan perhatikan kira-kira postingan seperti apa yang membuat followers Instagram atau pembaca blog kamu merespon dengan baik. Kalau kamu terobsesi banget dengan Beauty, patenkan tulisan kamu untuk Beauty, agar pembaca makin tertarik dengan blogmu.

Saya sendiri karena pengen mengabadikan perjalanan hidup saya di blog, jatuhnya niche blog saya adalah lifestyle blog. Biar ngga gado-gado, saya coba menspesifikkan topik yang akan saya tulis di blog hanya dengan 3 topik, yaitu blog, desain/ kreatifitas, dan pengembangan diri. Jadi, meski saya melakukan banyak hal dan menuliskan semuanya di blog, saya selalu membuat tulisan tersebut dengan menyisipkan 3 topik tadi, atau bahkan menulis dari sudut pandang 3 topik tersebut. Itu kunci supaya blog terlihat menarik.

5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula) Yanikmatilah Saja

Ingat Pembaca Blog Kamu

Hm, sebenarnya saya merasa jahat banget kalo ingat soal ini. Haha. Saya sering lupa bahwa ada orang-orang yang membaca blog saya, sampai mau berkomentar, itu tuh suatu kesyukuran banget. Saya selalu mencoba mengingatkan diri bahwa ada orang-orang yang ngikutin saya di blog dan instagram, sebenarnya untuk apa mereka follow saya?

Jujur ada banyak waktu yang membuat saya cuma mikirin diri sendiri sampe postingan di blog banyak yang ngga punya nilai untuk saya beri ke pembaca. Sementara, saya dengan egoisnya pengen blog saya punya traffic yang bagus. Masuk akal kah keinginan saya itu? Coba deh kalian pikir.

5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula) Yanikmatilah Saja

Dari situ, saya mulai mencoba membuat artikel yang lebih dibutuhkan oleh teman-teman yang udah lama ngikutin blog saya dengan berbagi soal pengetahuan blog, desain, dan pengembangan diri yang saya ketahui. Jadi di point ini saya ingin menyampaikan ke kamu bahwa cobalah untuk membuat postingan yang pembaca kamu butuhkan agar blog kamu lebih bernilai. Bukankah kamu bisa jadi blogger keren dan membuat blog kamu jadi lebih menarik kalau seperti itu?

Contohnya aja seperti postingan ini, saya membuatnya agar kamu yang ngikutin saya di blog selama ini bisa mendapatkan kebermanfaatan untuk blog kamu juga. Saya harap kamu suka dengan artikel saya kali ini, karena emang saya pengen banget berbagi banyak pengetahuan soal blog yang saya ketahui ke kalian semua.

Please kasih masukannya, atau kalau kamu ada saran untuk postingan apa yang pengen kamu baca selanjutnya, bisa tulis masukan kamu di kolom komentar ya. Saya dengan senang hati akan membalasnya. Terimakasih. Tanpa kalian, saya bukan apa-apa.

5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula) Yanikmatilah Saja

4 thoughts on “5 Hal Yang Membuat Blog Terlihat Menarik (Untuk Blogger Pemula)

  1. Sukaaaa.. Baca Blog ini berasa kayak baca Blog straycurlnya Angela. Banyak informasi Blogging dan bergambar. Kece banget deh pokoknya..
    Jadi gak bosen baca tulisannya.

  2. Sentuhan personal itu yang paling menarik deh. Gambar juga penting sih. Konten deh yang kudu oke hahaha jadi banyak ya. Yang harus pastinya tulisan mesti original bukan copas dan ditulis dengan hati bahagia supaya pembacanya juga senang dan isi tulisan dapat memberikan manfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *