Jelang Ramadhan, Dompet Dhuafa Sulsel Hadirkan Program Inspiratif di 2019

Jelang Ramadhan, Dompet Dhuafa Sulsel Hadirkan Program Inspiratif di 2019

Beberapa hari yang lalu tepatnya Kamis, 26 Maret 2019 pukul 09.00 WITA saya mewakili pengurus Blogger Makassar diundang oleh pihak Dompet Dhuafa untuk menghadiri acara Media Briefing dalam rangka memperkenalkan Program Kerja Dompet Dhuafa Sulsel 2019, khususnya untuk Program Ramadhan di Kampung Ternak Macanda (Depan Pabrik Kecap), Sungguminasa Gowa.

Kegiatan ini langsung dibawakan oleh pimpinan cabang Dompet Dhuafa Sulsel 2019 yaitu kak Rahmat Hidayat HM yang merupakan suami dari kak Nur Al Marwah Asrul (Ketua Blogger AngingMammiri Periode 2016-2018). Yah, jadi udah keliatan kan kenapa Dompet Dhuafanya bisa ngundang Blogger? Hehe.

Baca Juga : Blogger Makassar Anging Mammiri Goes To PERTUNI

Jadi meski saya telat beberapa menit tiba di venue, dari paparan yang disampaikan oleh Kak Rahmat di depan, hal yang paling saya notice adalah mengenai program ramadhannya.

Program Ramadhan 2019 Dompet Dhuafa Sulsel

Bidang Pendidikan

Di bidang pendidikan, ada 4 program yang akan dilaksanakan seperti Festival Anak Sholeh, Pesantren Literasi, Ngobrol Pendidikan Indonesia yang nantinya akan membahas soal pendidikan bersama penggiat literasi, dan Arabic Camp.

Bidang Ekonomi

Di bidang ekonomi, ada kegiatan Gerobak Takjil yaitu menjual takjil untuk berbuka puasa yang dilakukan oleh para penerima manfaat, serta kegiatan Pasar Berkah yang nantinya akan menjual sembako dengan harga yang sangat murah sebanyak 200 paket. Nantinya kegiatan ini akan menyesuaikan dengan kerjasama CSR.

Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan ada Talkshow Kesehatan, juga Bekam dan Donor Darah. Untuk bekam dan donor darah akan dilaksanakan sebagai edukasi untuk memulai ramadhan dengan tubuh yang sehat sebanyak 30 orang.

Bidang Sosial

Untuk di bidang sosial, ada kegiatan Berbagi Takjil yaitu membagikan 500 takjil setiap hari dengan paket 2500/ paket dan 1000 takjil setiap jumat dengan 5000 paket. Lalu ada Parcel Lebaran, yaitu pembagian bahan sembako menuju hari raya sebanyak 1440 paket. Ada Ifthor Jamai yakni berbuka puasa bersama kaum dhuafa. Ada Ramadhan Bersama Muzakki, yang kegiatannya ditujukan untuk memberikan ruang kepada anak-anak dhuafa untuk dapat merasalan sahur dan berbuka puasa seperti muzakki. Sampe ke Konser Kemanusiaan yang akan dilaksanakan untuk menggalang dana.

Bidang Dakwah

Di bidang dakwah sendiri, ada kegiatan Ngaji On Ther Road yaitu bimbingan mengaji yang dilaksanakan untuk memberikan edukasi singkat cara membaca Al-Qur’an yang benar bekerjasama dengan Cordova. Ada Tausiyah Ramadhan yang akan dilaksanakan secara offline maupun online. Ada juga Tabligh Akbar yaitu ceramah islam di bulan ramadhan dengan target peserta 500 orang, dan Tarhib Ramadhan yakni program yang dilaksanakan dalam menyambut bulan ramadhan.

Saya yakin banget kalau kalian punya ketertarikan terhadap hal-hal sosial, pendidikan atau pengembangan diri, kalian pasti suka banget dengan program Dompet Dhuafa diatas. Menurut saya program mereka itu keren-keren banget. Setuju?

Baca Juga : Tudang Sipulung Blogger Anging Mammiri, Serba Serbi Difabel

Oh ya selain memaparkan program mereka, ngga lupa juga pihak Dompet Dhuafa Sulsel mempersilahkan kami para media yang hadir untuk mengitari Kampung Ternak milik mereka yang dijadikan aset usaha untuk memberdayakan warga sekitar yang kurang mampu. Keren bangeeet.

Segitu aja sih. Sebenarnya tujuan dari publikasi program-program Dompet Dhuafa Sulsel ini ngga lain agar lebih meluas dan meningkat lagi jumlah muzakki. Terus, harapan mereka dengan adanya program-program ini, mereka bisa memberdayakan mustahik dengan baik.

Jujur, saya yang mendengar paparan program-program mereka jadi pengen banget bisa ngebantu. Insya Allah di bulan Ramadhan nanti Komunitas Blogger Makassar bisa kolaborasi dengan Dompet Dhuafa ini. Komunitas Makassar Event juga deh, semoga bisa kolaborasi dengan Dompet Dhuafa di ramadhan ini. Aamiin.

2 thoughts on “Jelang Ramadhan, Dompet Dhuafa Sulsel Hadirkan Program Inspiratif di 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!