Ngumpul Bareng Komunitas Local Guide Makassar

Local Guide Makassar

Satu lagi komunitas baru yang saya ikuti di 2019 ini selain Couchsurfing, yaitu komunitas Local Guide. Keduanya punya kesamaan yakni sama-sama komunitas traveling. Adapun perbedaannya, komunitas Local Guide ini lahir dari layanan Google yaitu Google Maps yang membantu orang-orang untuk menemukan lokasi akurat yang ingin diketahui atau dikunjungi.

Kalo kalian pernah atau sering pake aplikasi Google Maps untuk cari lokasi, kalian notice ngga di setiap lokasi itu biasanya ada komentar-komentar, ada rating, ada foto-foto bahkan video terkait lokasi tsb? Nah, itu semua tuh bisa ada karena dibuat oleh teman-teman Local Guide.

Atau kamu sendiri udah pernah ngelakuin hal-hal tadi? Hehe, itu artinya kamu udah jadi kontributor di Google Maps (Local Guide). Coba deh perhatiin di aplikasi mapsnya, kamu udah level berapa? Kalau masih level 1-3 itu sih masih beginner banget. Level 3 keatas itu baru mulai terasa susahnya karena harus mencapai poin tinggi.

Awal Bergabung di Local Guide Makassar

Berawal dari teman blogger di salah satu komunitas saya, namanya Raya. Dia juga adalah ketua komunitas Local Guide Makassar. Saya tertarik ikut karena dari pembicaraan beberapa teman di komunitas blogger, mereka yang jadi kontributor mendapat banyak keuntungan seiring dengan kenaikan level yang diraih. Keuntungannya simple saja, seperti voucher atau diskon dari merchant yang bekerjasama dengan Google.

Eits, tapi bergabung di Local Guide jangan sampe karena hadiah-hadiah itu ya. Saya sendiri sebelum masuk di komunitas ini, beberapa kali mengunggah foto tempat yang pernah saya kunjungi di aplikasinya. Biasanya setelah tempat itu saya foto, ada notifikasi dari maps untuk mengunggahnya. Dan tentu saja saya secara sukarela mengupload gambar tsb dengan harapan banyak orang yang terbantu ketika ingin berkunjung ke lokasi tsb.

Cara Menjadi Kontributor di Local Guide

Udah ada gambaran kan soal Local Guide ini? Tapi kalo misalkan kalian masih belum tau, kalian bisa mengunjungi link ini untuk mendaftar. Setelah itu bisa mendownload aplikasi Google Maps di Play Store atau di App Store, dan masuk ke menu “Your Contributions”

Oh iya, jadi kontributor ngga hanya sekedar komentar, ngasih rating, foto dan video lho. Tapi disini kamu juga bisa jawab pertanyaan, menambahkan lokasi dan mengedit tempat yang sudah ada.

Tentang Local Guide Makassar

Sejak saya bergabung di komunitas Local Guide Makassar di awal 2019, saya baru 1 kali ikut gatheringnya. Kebetulan waktu itu pertemuannya di Pantai Akkarena. Anggota-anggota yang datang cukup banyak yang saya kenal karena ada beberapa teman blogger. Sementara yang lain, baru kenalan di hari itu.

Gathering yang saya hadiri itu dilaksanakan di hari Minggu sore, 25 Februari 2019. Kegiatan yang dilakukan seperti komunitas pada umumnya kalau gathering, yaitu ngobrol santai sambil ngemil cantik. Di sela-sela itu diadakan kuis oleh salah satu anggota terkait Local Guide ini. Tentu ada hadiahnya dong. Hadiah ini alhamdulillah diberikan secara sukarela oleh anggota Local Guide juga.

Komunitas ini sendiri setiap bulannya mengagendakan pertemuan. Jadi pertemuan atau gathering ini diatur oleh salah satu anggota Local Guide, yang disetiap bulannya akan digilir. Untuk tempat gatheringnya terserah, bisa di rumah si anggota, atau di tempat umum lainnya. Yang pasti, tempatnya memungkinkan untuk kita seru-seruan bareng.

Cara Bergabung di Local Guide Makassar

Oh iya, kalau misalkan kamu baca ini dan kebetulannya kamu di Makassar dan ingin bergabung, kamu bisa lho dengan mudah menghubungi pengurus komunitas ini. Kalian bisa menghubungi mereka lewat DM instagram mereka di akun Google Local Guides Makassar.

Adapun syaratnya, kamu harus mencapai minimal level 3. Dibawah level 3, kamu belum bisa bergabung. Makanya dinaikin dulu levelnya baru kontak adminnya hehe. Mudah dan singkat banget kok waktunya untuk mencapai level 3 itu. Selamat mencoba.

Suryani Palamui

17 thoughts on “Ngumpul Bareng Komunitas Local Guide Makassar

  1. Saya sempet jadi kontributor juga di local guide. Tapi lupa, sudah sampai level berapa, karena sekarang jarang aktif lagi buat ngasih-ngasih komentar, upload foto, dan sebagainya. Lumayan juga kalau bisa dapet voucher diskon *hmmm, apakah ini sebuah godaan menarik buat aktif lagi di local guide. Hahaha

  2. eh, ada juga komunitas Local Guide juga kak di. Pernah sekali posting foto maps untuk Ampupadang Coffee, Enrekang. Karena lokasi ini jadi salah satu tempat belajar manual brewing anak muda lokal yang tertarik kopi. Eh langsung banyak yang lihat. Kontribusi kecil kalo dipikir, tapi rupanya manfaatnya akan besar ke depan.

    Tapi kemarin mau posting foto-foto di lokasi salah satu SD di perbatasan Toraja – Mamasa. Namun tidak disetujui Maps. Padahal inginnya agar pemda bisa tau kalau kondisi sekolah ini butuh perhatian prioritas. Gimana ya kak?

    1. Wah seharusnya itu bisa di post sih kak. Mungkin foto-fotonya kurang lengkap atau gimana. Bisa hubungin ketua LG Makassar aja kak, namanya Raya. Dia juga pengurus AM kok sebagai bendahara. 🙂

  3. Raya memang hebat. Anak muda calon pemimpin begini yg kita cari. Alhamdulillah saya juga sudah gabung di LG Makassar. Makasih Raya dan teman2 LG lainnya. Komunitas ini sejenis wadah sedekah menurut saya, karena bisa memberi info kepada orang orang tentang seluk beluk destinasi tujuannya.

  4. Saya juga sudah gabung sejak tahun lalu tapi belum sempat ikut meet up. Levelku di local guides baru level 6. Belakangan malas posting2 di google maps hahaha

  5. Thanks buat Raya , nak muda ganteng yang bisa ngumpulin semua lokal guide yang ada di Kota Makassar..

    Memang benar, selain berkontribusi buat orang ramai di google maps, bisa dapat rewards juga dari google..bjar ngak seberapa jelass everybody was happy..

  6. Satu lagi komunitas di Makassat yang baru saya tahu setelah baca postingan ini. Local Guide, sepertinya komunitasnya menarik sekali ya kak. Berasa pengen gabung juga deh, sayangnya domisili saya masih belum menetap di Makassar

  7. Saya sudah gabung sejak tahun lalu tapi belum pernah berkesempatan ketemu dengan teman-teman LG Makassar, Yani sudah tawwa.

    Semoga bisa besok-besok.

  8. Woahhhh ketat juga ya syaratnya… tapi itu bisa menjadi motivasi untuk bisa bergabung jikalau memang ada niatan untuk bergabung… sukses selalu kegiatannya kak.

  9. keren ini komunitasnya, saya salut.
    mereka yang suka membantu memberikan review atau menambah detail foto dll untuk satu titik kecil di map, tentu sangat membantu mereka yang sedang hendak menuju ke sana…

  10. sudah lama dengar nama komunitas ini, cuma belum pernah sempat bergabung.
    sekarang sih alhamdulillah level saya sudah 6 dan sudah pernah juga beberapa kali menikmati hasilnya hahaha

    anyway, selamat untuk blog barunya
    akhirnya yaaaa
    x)))

  11. Wah keren banget ya mbak kalau bisa kumpul bareng sama lokal guide, didaerah saya belum menemukan komunitas yang seperti ini padahal untuk kontributor, saya sudah punya 2 akun google yang sudah level 4 dan 5 tapi belum pernah kumpul-kumpul…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *