30 Ide Postingan Blog Untuk Blogger Pemula

Kadang ada saat-saat ketika kita ngga tau apa yang mesti dituliskan di blog yang kita miliki. Jangankan pemula, bahkan saya yang udah 5 tahun ngeblog secara serius pun sering mengalami masalah ini. Jadi kalian ngga usah khawatir yah. Itu normal.

Atau ada ngga sih dari kalian yang ingin menulis tentang banyak hal, tapi itu justru membuat kalian kewalahan dan ngga tau harus memulai darimana? Hehe. Intinya sih terlepas dari situasi apa yang kalian hadapi, disini saya akan coba berbagi ilmu perbloggeran yang saya miliki, salah satunya adalah : Ide Postingan Blog Untuk Blogger Pemula.

Nah karena posisinya disini saya membahas ide postingan untuk blogger pemula yang mana blogger pemula ini umumnya belum tau atau belum bisa menentukan niche blognya apa, jadi ide blogpost atau postingan blog yang akan saya bagikan adalah ide umum yang kebanyakan digunakan oleh lifestyle blogger. Ngga usah kepengaruh dulu dengan niche. Memang di postingan 8 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Launching Blog saya menuliskan bahwa niche itu penting. Tapi akan lebih penting jika kamu punya isi blog dulu, yang bisa membuktikan kalo kamu emang niat nulis sampe akhirnya kamu ngeh niche kamu nantinya apa.
So, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai! Silahkan pilih topik dibawah ini sesuai dengan minat kalian.

1. Mengenai Saya

Postingan mengenai saya ini bagus banget sebagai permulaan. Kamu bisa membagikan beberapa fakta tentang kamu, membicarakan hal-hal yang kamu sukai dan rencana kamu dengan blog kedepan. Dengan begitu, pengikut baru akan tahu sedikit tentang kamu.

Sedikit nasehat dari saya, jadilah dirimu sendiri! Jangan tanpa emosi seperti robot, you know what I mean. Haha. Pastikan kamu menunjukkan kepribadian kamu sebanyak yang kamu bisa. Ini penting karena orang-orang mungkin memutuskan untuk mengikuti blog kamu setelah membacanya. Biar lebih artistik, kamu bisa gunakan Canva untuk mendesain halaman “Mengenai Saya” di blog kamu. Sebagai contoh, kamu bisa lihat Mengenai Saya ala Suryani Palamui di blog ini.

2. Hal Favorit

Selain mengenai saya, isi postingan blog kamu bisa berupa hal yang kamu senangi. Ini adalah cara lain untuk membuat audiens agar lebih mengenal kamu. Bukankah menyenangkan, kamu bisa bebas bersuara tentang apa yang kamu sukai dan kenapa kamu menyukainya? Baik itu olahraga, seni, fashion, dll. Tulis aja! Contoh : Jatuh Cinta Dengan Komunitas.

3. Gaya Hidup

Guys, dunia ini sangat besar. Mustahil banget semua orang menjalani kehidupan yang sama. Apa yang ingin saya bilang adalah : semua orang hidup secara berbeda. Tunjukin gaya hidup kamu sendiri. Beberapa orang mungkin aja menganggap itu adalah hal menarik. Contoh : Curcolku Selama di Ambon.

4. Karya

Misalnya kalau kamu punya minat dengan fotografi, kenapa tidak kamu membagikan foto-foto indah itu di blog kamu? Atau ngga kamu udah menyelesaikan makalah? Skripsi? Kenapa ngga kamu pajang itu sebagai karya kamu di blog. Saya sendiri karena backgroundnya Arsitektur, maka karya yang saya bagikan seputar itu. Bisa di cek di label Project.

5. Saran dari Pengalaman

Bantu seseorang keluar dari permasalahannya, itu sangat bermanfaat sekali. Jadi kenapa ngga kalian menuliskan sesuatu yang bisa menyelesaikan atau membantu permasalah seseorang berdasarkan pengalaman kalian? Jangan heran, kalo tiba-tiba ada pesan masuk dari orang yang ngga dikenal karena terinspirasi dari tulisan kalian. Soalnya sayapun ngerasain hal itu. Contoh : Suka Duka Jadi Pengawas Lapangan.

6. OOTD

Saya orangnya ngga fashionable. Tapi seiring saya banyak diundang ke event-event, hal tsb bikin saya mau ngga mau harus mencoba melek akan fashion. Menurut saya, ngga masalah kalo kamu merasa ngga modis. Karena dalam fashion, sesungguhnya ngga ada yang jelek. Jeleknya itu kalo pakaian yang digunakan ngga sesuai dengan tempatnya. Yah, ini kembali lagi dengan selera kamu. So, silahkan bagi OOTD atau selera fashion kamu di blog. Contoh : Inspirasi Fashion Hijab Tengah Malam.

7. Tutorial

Kamu kemungkinan besar mengetahui sesuatu yang ngga dimiliki orang lain. Itulah yang membuat kita semua berbeda. Jadi, kenapa ngga kamu menulis tentang itu! Contoh : Cara Unik Menyampul Buku Dengan Isolasi.

8. Proses Mencapai Tujuan

Ini berarti kamu menulis tentang semua hal yang kamu lakukan yang bisa membantu kamu mencapai tujuan. Contoh : Menuliskan Target atau Resolusi.

9. Pelajaran Yang baru Didapat

Kalau kamu hobi belajar sesuatu yang baru, kamu bisa banget membagikan apa saja yang baru kamu pelajari. Saya sendiri karena posisinya udah ngga kuliah, kerjapun juga biasa aja, jadi ilmu baru yang saya dapat itu setelah mengikuti event berbau edukasi atau pengembangan diri. Contoh : Are You Ready to Build a Career.

10. Tempat Wisata Terbaik

Kayaknya ngga mungkin kalo ditempatmu ngga ada tempat yang ngga menarik. Kalaupun kalian tinggal di pedesaan yang sama sekali ngga ada indah-indahnya, coba cari sisi terbaik yang dimiliki oleh tempat/ kotamu. Contoh : 5 Tempat Objek Wisata di Mamuju Yang Bikin Saya Terkesan.

Baiklah, itu tadi 10 ide postingan blog pertama yang bisa kamu tulis. Saya ngga akan menjabarkan lagi untuk 20 postingan berikutnya, karena saya ngga mau kalo kalian bosan, haha! Jadi untuk ide postingan blog selanjutnya saya cuma sebutin aja ya. Saya yakin kamu pasti ngerti! 😊

11. Quotes Favorit
12. Cerpen (fiksi atau nyata)
13. Ketakutan/ Fobia
14. Puisi
15. Perjalanan ke Suatu Tempat
16. Review Produk
17. Buat Giveaway
18. Q&A
19. Fakta Apa Saja
20. Rutinitas
21. Kekurangan Kamu
22. Proyek yang Sedang Dikerjakan
23. Hewan Peliharaan
24. Surat Untuk Masa Depan
25. Impian
26. Perawatan Diri
27. Diary/ Curhat 😂
28. Hal yang Ingin Dipelajari dan Alasannya
29. DIY (do it by yourself)
30. ​​Room Tour

Selesai! Haha, itu semua butuh waktu! Seenggaknya semoga kamu bisa menemukan satu ide yang kamu sukai untuk kamu tulis di blog kamu. Kalo postingan ini sangat bermanfaat, tolong komentarnya ya saya pengen tau. Untuk kedepan kalo memang banyak yang pengen jenis tulisan seperti ini, mungkin pekan depan saya bisa nulis tentang ide blogpost untuk lifestyle blogger? So, plis kasih masukan ya.


Suryani Palamui
Keep in touch with me
Instagram : @suryanipalamui

One thought on “30 Ide Postingan Blog Untuk Blogger Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *