Awal Tahun 2019 Bersama Komunitas Pecandu Aksara

Awal Tahun 2019 Bersama Komunitas Pecandu Aksara – Saya ngga tau kapan terakhir saya ngumpul bareng komunitas Pecandu Aksara. Rasanya lama banget. Anggota Pecandu Aksara yang saya kenal paling bontot itu kayaknya juga keluaran dari Writing Camp 3 deh. Sementara sekarang Pecandu Aksara udah selesai ngadain kegiatan Writing Camp yang ke-6. Gilaaa! Udah lama juga saya ninggalin komunitas literasi yang satu ini.

Sedikit mengenai Pecandu Aksara, komunitas ini adalah komunitas yang bergerak di bidang literasi. Penggagasnya adalah Kak Fachri, yang sekarang berkarir di media Makassar Terkini sebagai redaktur. Semua tentang literasi bisa kita pelajari didalam komunitas ini, mulai dari Cerpen, Puisi, Jurnalistik, Blog, dll.

Adapun keunggulannya, komunitas ini dinaungi oleh MIB publisher, yakni layanan untuk menerbitkan buku secara self publishing. Ngga heran setiap anggota Pecandu Aksara semuanya pada punya karya yang dibukukan.
Saya sendiri juga punya karya Cerpen yang dibukukan oleh MIB dalam buku yang berjudul “Struktural Cinta”. Ini adalah karya saya selaku pengurus dari Writing Camp 2. Eh, sorry jadi curcol.
Sebenarnya saya disini pengen bahas pertemuan yang saya hadiri 12 Januari 2019 lalu di Jl. Ance Dg Ngoyo bersama laskar Pecandu Aksara lainnya, yakni “Meet Up Bulanan dan Kelas Akbar Laskar Pecandu Aksara”
Jujur aja, saya sempat ngerasa malu karena udah lama ngga ngumpul bareng mereka. Untungnya ada Kak Dea yang mau jemput ke rumah sehingga akhirnya kita bisa berangkat bareng.
Sampai di lokasi ternyata ada banyak hal yang saya baru tahu terkait inovasi dari Pecandu Aksara. Ya iyalah, masa Pecandu Aksara gitu-gitu aja? Hehe.
Salah satu inovasinya, sekarang Pecandu Aksara rutin mengadakan pertemuan tiap bulan yang mana di pertemuan tersebut ada 5 kelas yang bisa dihadiri oleh laskar Pecandu Aksara only secara free. Adapun kelas-kelas itu antara lain adalah Kelas Cerpen, Kelas Puisi, Kelas Jurnalistik, Kelas Opini, dan Kelas Kreatif & Bisnis.
Oh iya, sebenarnya untuk kegiatan umumnya Pecandu Aksara sudah ada jadwalnya sendiri, cuma saya ngga begitu memantau kapan waktu pastinya. Yang jelas, sejak awal tahun 2017 saya gabung di Pecandu Aksara, komunitas ini ngga pernah kehilangan akal untuk ngegaet member baru. Dalam artian, komunitas ini benar-benar produktif bikin kegiatan literasi untuk masyarakat umum.
Saat kelas akan dimulai, saya memilih untuk gabung di kelas jurnalistik. Ada kanda Marwan, dan kak Fachri yang berbagi pengetahuan terkait pengalaman mereka di dunia jurnalistik. Tentu ilmu jurnalistik saya nambah lagi, terutama ketika kita ngebahas mengenai badan hukum media itu sendiri.
Saya ngga sungkan untuk menanyakan perihal Makassar Event, media informasi event yang sejak tahun 2014 saya geluti ke 2 kanda ini. Jawabannya memuaskan. Terutama saat kita bicara sesi rate postingan media yang seharusnya. Ini rahasia sih. Hehe.
Lumayan lama kita diskusi seputaran dunia literasi, sambil kita disuguhi kue, gorengan, dan minuman yang menggiurkan oleh si tuan rumah.
Dan akhirnya menjelang maghrib kita selesai, dan setelah maghrib akhirnya kita tukaran kado sebagai tanda acarr telah selesai. Saya dapat kado biskuit cokelat entah dari siapa. Alhamdulillah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *